A. A. J. Payen

Tokoh penting Mooi Indie

A Wedding Ceremony karya A. A. J. Payen
0 2.688

A. A. J Payen atau Antoine A. J. Payen (Belgia 1792-1853) ialah penggerak utama atau penghubung antara kolonial Belanda pada masa itu dengan Indonesia.

A Wedding Ceremony karya A. A. J. Payen

Payen sebutannya ialah pribumi yang dipercayai kolonial Belanda saat itu untuk bekerja pada “Badan Penyelidik Pengetahuan dan Kesenian” yang dikepalai oleh C.G.C. Reinwardt. Saat itu Payen bekerja bersama Bik bersaudara (Theodorus Bik dan Adrianus Bik) dengan tugas resmi melukis alam, kota, pemandangan, tumbuh-tumbuhan dan fauna untuk kepentingan Natural Sciences Commission pada badan yang dipimpin Reinwardt tersebut.

Pertemuan pertamanya dengan muridnya Raden Saleh di tempat tersebut mengembangkan minat gambar pribumi, secara khusus Raden Saleh. Bersama Bik bersaudara dia mengajari Raden Saleh menggambar.

Setelah Inggris “menyerahkan” kembali Indonesia kepada Belanda ditahun 1816. Pemerintahan jajahan yang baru dari Nederland tidak saja membawa penguasa-penguasa kolonial, tetapi juga beberapa guru besar atau professor. Diantaranya adalah Reinwardt yang dikuasakan untuk melakukan penyelidikan-penyelidikan tentang “Pengetahuan dan Kesenian”. Selain itu juga para pelukis yang diantaranya adalah Payen sendiri yang menjadi pelukis pada “Badan Penyelidik Pengetahuan dan Kesenian” tersebut. Para pelukis ini ditugaskan melukis alam dan pemandangan di Indonesia.

Eksistensi A. A. J. Payen

Payen memang tidak menonjol di kalangan ahli seni lukis di Belanda. Namun mantan mahaguru Akademi Senirupa di Doornik, Belanda, ini cukup membantu Raden Saleh mendalami seni lukis Barat dan belajar teknik pembuatannya, misalnya melukis dengan cat minyak. Payen juga mengajak pemuda Saleh dalam perjalanan dinas keliling Jawa mencari model pemandangan untuk lukisan. Ia pun menugaskan Raden Saleh menggambar tipe-tipe orang Indonesia di daerah yang disinggahi.

Ketertarikannya pada keindahan alam Indonesia muncul seketika saat menjalani tugas tersebut, jadi beliau merasa bahwa tugas yang dia emban ini juga sebagai pengetahuan yang pada akhirnya akan menjadi identitas estetika Indonesia (Hindia-Belanda pada masa itu) pada beberapa masa. Beberapa sumber mempercayai bahwa Payen ialah pengaruh besar pada perkembangan keseni rupaan Raden Saleh yang juga menurunkan paham mooi indie pada kapasitas yang tidak lama.

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source http://archive.ivaa-online.org https://mardiyyan.wordpress.com/2013/03/27/mooi-indie-sebuah-jejak-kemolekan-modernisme-indonesia/ http://archive.ivaa-online.org/pelakuseni/aaj-payen
Comments
Loading...