Affandi Koesoema di Mata Dunia

Sampai Chairil Anwar pun menuliskan sajak “Kepada Pelukis Affandi”

Penghargaan Affandi Koesoema
0 2.961

Affandi di Mata Dunia – Affandi memang hanyalah salah satu pelukis besar Indonesia bersama pelukis besar lainnya seperti Raden Saleh, Basuki Abdullah dan lain-lain. Namun karena berbagai kelebihan dan keistimewaan karya-karyanya, para pengagumnya sampai menganugerahinya berbagai sebutan dan julukan membanggakan. Antara lain seperti julukan Pelukis Ekspressionis Baru Indonesia bahkan julukan Maestro.

Lukisan Karya Affandi

Adalah Koran International Herald Tribune yang menjulukinya sebagai Pelukis Ekspressionis Baru Indonesia. Sementara di Florence, Italia dia telah diberi gelar Grand Maestro.

Baca juga Penghargaan Affandi Koesoema.

Dari dalam negeri sendiri, tidak kalah banyak penghargaan yang telah diterimanya. Seperti, penghargaan “Bintang Jasa Utama” yang dianugerahkan Pemerintah Republik Indonesia pada tahun 1978. Dan sejak 1986 ia juga diangkat menjadi Anggota Dewan Penyantun ISI (Institut Seni Indonesia) di Yogyakarta. Bahkan seorang Penyair Angkatan 45 sebesar Chairil Anwar pun pernah menghadiahkannya sebuah sajak yang khusus untuknya yang berjudul “Kepada Pelukis Affandi“.

Di negara India, dia telah mengadakan pameran keliling ke berbagai kota. Di Eropa, ia telah mengadakan pameran antara lain di London, Amsterdam, Brussels, Paris, dan Roma. Begitu juga di negara-negara benua Amerika seperti di Brasil, Venezia, San Paulo, dan Amerika Serikat. Bahkan kurator terkenal asal Magelang, Oei Hong Djien, pernah memburu lukisan Affandi sampai ke Rio de Janeiro.

Semoga bermanfaat para Apresiator.

Source Informasi Lukisan Indonesia Affandi Koesoema Kepada Pelukis Affandi
Comments
Loading...