Agung Mangu Putra

Pelukis Indonesia

Agung Mangu Putra
0 13.723

Agung Mangu Putra, lahir pada tanggal 11 Mei 1963 di Sangeh, Bali. Ia merupakan salah satu perupa seni lukis Indonesia.

Perjalanan Karier Agung Mangu Putra

  • Ia Menyelesaikan pendidikannya di Desain Komunikasi Visual di Fakultas Seni Rupa dan Desain di Institut Seni Indonesia Yogyakarta pada tahun 1990.
  • Yang pertama Pameran di tahun 1987 di Denpasar.
  • Menjadi Seorang desainer tidak memuaskannya sebagai seniman.
  • Kemudian ia memutuskan untuk melukis secara penuh pada tahun 1998.
  • Sejak pameran tunggalnya yang pertama di Ubud (1990)
  • Namanya dianggap sebagai pelukis berharga di Indonesia
  • Dia bekerja sebagai desainer grafis dari tahun 1990 / 1998. Dia telah memiliki solo dan pameran kelompok di Bali, Jakarta, dan Singapura.
  • Beberapa karyanya dengan desain abstrak menyiratkan gambar alami, seperti karakter air dan tekstur serta warna tanah atau batu. Meskipun demikian, ada visi kritis progresif tertentu dalam cara pandang dan interpretasi Mangu Putra terhadap dunia. Karya-karyanya bukan cermin pengamatan langsung dengan mata telanjang.
  • Benda-benda alam ditampilkan seolah-olah melalui pencitraan teknologi yang canggih, sehingga tampak artistik, menarik, provokatif, dan bahkan fantastis. Dunia artistiknya bukan alamiah tapi malah ‘tercemar’ oleh peradaban. Tidak mengherankan bila beberapa karya Mangu Putra mengkritik aktivitas manusia yang merusak dunia. Serialnya tentang eksploitasi menunjukkan pembantaian hewan. Ikan busuk dipotong-potong; Potongan bersih pada tubuh mereka menyiratkan bahwa ini bukan karena kekuatan alam.

Penghargaan

Ia menerima penghargaan untuk karya terbaik dalam desain komunikasi visual pada tahun 1988 dan 1990 di ISI Jogjakarta, dan merupakan salah satu dari sepuluh pemenang penghargaan Philip Morris pada tahun 1994.

Pencapaian

Kreativitasnya telah didokumentasikan dalam buku Mangu Putra: Alam, Budaya, Ketegangan (2000). Saat ini dia tinggal dan bekerja di Denpasar. Karya Mangu Putra muncul dari kontak yang intens dengan dunia sebagai ekspresi sadar dari orientasi kreatif utamanya. Representasi fenomena alam, bersama dengan denyut nadi kehidupan, membentuk arus utama pencariannya. Dunia alam, seperti pegunungan dan pantai, digambarkan sebagai objek yang dapat dikenali.

Karya Lukisan

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source Infoemasi Pelukis Indonesia Agung Mangu Putra
Comments
Loading...