Alat dan Bahan Seni Lukis

Kuas
0 252.864
Alat dan Bahan Seni Lukis

Media berkarya seni rupa dua dimensi (seni lukis) meliputi bahan dan media yang digunakan sesuai jenis dan gaya karya yang diinginkan. Media berkarya seni lukis sangat beragam tergantung dari teknik yang dipakai.

Sebelum memulai untuk melukis, sangatlah penting untuk anda mengetahui alat dan bahan yang akan anda gunakan nantinya, serta pengertian dan fungsi dari masing-masing alat tersebut.

Alat Lukis

1. Pensil

Jenis pensil dibedakan berdasarkan tingkat kekerasan atau kehitaman karbonnya, berdasarkan kode huruf B atau H. Pensil kode B menandakan jenis pensil lunak dan hitam, terdiri dari kode B, 2B, 3B, 4B sampai 6B, sangat tepat digunakan untuk media menggambar. Sementara pensil kode H menandakan jenis pensil keras.Terdiri dari kode H, 2H, 3H, 4H.sampai 6H, sering digunakan untuk menggambar proyeksi.

2. Kuas

Kuas yang di pakai sangat berpengaruh terhadap hasil lukisan. Kuas sendiri ada banyak macamnya, mulai dari bulu yang kecil meruncing hingga yang bulu lebar lurus dan lebar miring. Semua itu memiliki fungsi yang berbeda.
Kuas yang bagus biasanya bulunya berwarna cream.

3. Pensil Arang (Charcoal)

Terbuat dari sejenis arang halus dan biasa digunakan untuk menggambar atau melukis potret. Sifatnya,hitam pekat dan agak sulit dihapus.

4. Crayon dan Pastel

Dua jenis media ini secara bentuknya hampir sama sehingga kalian seringkali keliru ketika membelinya tetapi sifat dan bahannya tidak sama. Pastel biasanya terbuat dari bahan kapur dan pengikat cair dan transparan, untuk mengikat pigmen dengan kapur. Pastel sering dihubungkan dengan warna warna yang lembut. Sedangkan Crayon terbuat dari bahan kaolin dengan tepung warna sehingga terlihat lebih mengkilap dan keras. Sehingga krayon lebih banyak mengandung lilin,sehingga warna yang mengkilap dan sedikit berminyak. Krayon menjadi salah satu pilihan kita untuk menggambar karena sifatnya yang pada dan tidak mudah menyerpih, sehingga tidak mengotori tangan dan baju ketika sedang menggambar.

5. Cat Minyak

Cat minyak adalah cat yang dicampur dengan minyak sebagai pengikat pigmen warna.
Cat minyak memiliki sifat pigmen yang cemerlang.

6. Cat Akrilik

Cat yang berbentuk serbuk atau pasta. Cat akrilik terbuat dari campuran bahan sintetis seperti resin dan polivinyl acetate yang cepat kering.

7. Cat Tekstil

Cat tekstil adalah cat yamg juga berbahan dasar air. Cat ini biasa digunakan untuk melukis diatas media kain, baju, sepatu, ataupun tas yang kemudian harus distrika setelah kering.

8. Tinta Bak / Tinta Cina

Tinta cina biasa digunakan untuk membuat karya tulis atau kaligrafi. Pada umumnya tinta cina dibagi menjadi 2 bentuk yaitu padat dan cair. Tinta padat harus diencerkan dengan air terlebih dahulu sebelum digunakan.

9. Palet

Palet adalah tempat untuk mencampur cat atau tempat untuk menyiapkan cat sebelum diaplikasikan ke kanvas. Palet yang bagus adalah palet yang bersifat licin karena minyak tak dapat meresap kedalamnya.

10. Pisau Palet

Pisau palet sebenarnya berfungsi untuk mengaduk cat minyak diatas palet agar didapat komposisi warna yang rata, mengkilat dan maksimal. Namun banyak dari maestro lukis menggunakannya sebagai alat lukis seperti pengganti kuas dan untuk meratakan tekstur cat pada kanvas.

Media Lukis

1. Kertas

Kertas adalah media lukis yang memiliki daya serap yang tinggi. Tak berpoŕi-pori. Kertas sangat cocok untuk dilukis dengan cat air, pensil dan pastel. Perlu perhatian lebih saat melukis dengan kertas dan cat air, untuk mendapatkan warna yang cerah biasanya cat air dilarutkan tak terlalu kental.

2. Kanvas

Kanvas adalah media lukis yang memiliki pori-pori yang telah ditutup cat dasar berwarna putih. Media ini lebih sering digunakan untuk melukis dengan cat minyak karena cat minyak butuh ketebalan dalam pewarnaan dan kadang butuh metode palet yang membutuhkan terknik kontruksi pada bidang lukisnya. Kanvas pada umumnya sudah memiliki frame yang berbentuk persegi dan ada pula yang masih berbentuk gulungan tanpa frame.

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source Informasi Lukisan Indonesia mengenal alat dan bahan untuk melukis
Comments
Loading...