Aliran Lukisan Primitif

Penggambaran primitif

Karya S. Soedjojono
0 4.900

Aliran Primitif merupakan aliran seni lukis yang menggambarkan sebuah objek berdasarkan gaya penggambaran primitif di dinding goa-goa. Seni primitif berkembang pada zaman prasejarah, yang mana tingkat kehidupan manusia pada masanya sangat sederhana sekali dan sekaligus merupakan ciri utama.

Seni Lukis Primitivisme dapat dikatakan sebagai aliran seni lukis tertua yang ada karena aliran ini telah ada sejak dulu bahkan sebelum manusia mengenal tulisan. Seni Lukis aliran ini juga merupakan salah satu aliran seni lukis yang paling mudah untuk dibuat karena hanya menggambarkan ciri – ciri pokok suatu objek serta ekspresinya tanpa menambahkan detail – detail khusus. Namun, Seni Lukis aliran ini mulai ditinggalkan karena dianggap kurang memiliki nilai estetika.

Ciri – ciri aliran seni lukis Primitif :

  • Objek yang dilukis berupa tumbuhan, hewan dan manusia dalam bentuk garis sederhana.
  • Detail objek tidak ditonjolkan, hanya pada penggambaran minimalis berupa garis dan aksen sederhana.
  • Memiliki kesan magis dan sakral

Contoh Lukisan Aliran Primitivisme 

Contoh lukisan primitif

Lukisan di dinding gua yang menggambarkan tangan manusia. Lukisan tersebut diperkirakan telah dibuat sejak ribuan bahkan jutaan tahun yang lalu. Dari gambar di atas terdapat beberapa hal yang dapat diamati. Diantaranya adalah dalam lukisan tersebut menggambarkan bentuk yang sangat sederhana hanya berupa telapak tangan. Kemudian dari lukisan tersebut hanya terdapat satu warna, secara tersirat hal ini menjelaskan bahwa lukisan tersebut dibuat dengan bahan seadanya yang dapat diambil dari alam. Dan kemudian kita dapat menyimpulkan bahwa lukisan tersebut dibuat dengan cara atau teknik yang sangat mudah.

Tokoh – tokoh aliran seni lukis Primitif :

Semoga bermanfaat para pecinta seni lukis Indonesia.

Source Informasi Lukisan Indonesia S. Sudjojono Ngaso
Comments
Loading...