Aliran Romantisme Raden Saleh

Siratan sebuah lukisan

Raden Saleh
0 2.133

Tokoh romantisme Delacroix dinilai memengaruhi karya-karya Raden Saleh yang jelas menampilkan keyakinan romantismenya. Saat aliran romantisme berkembang di Eropa di awal abad 19, Raden Saleh tinggal dan berkarya di Perancis (1844 – 1851).

Contoh Lukisan Romantisme : “Lion, Horse and Snake” Karya Raden Saleh Tahun 1811-1880

Ciri romantisme muncul dalam lukisan-lukisan Raden Saleh yang mengandung paradoks. Gambaran keagungan sekaligus kekejaman, cerminan harapan (religiusitas) sekaligus ketidakpastian takdir (dalam realitas). Ekspresi yang dirintis pelukis Perancis Gerricault (1791-1824) dan Delacroix ini diungkapkan dalam suasana dramatis yang mencekam, lukisan kecoklatan yang membuang warna abu-abu, dan ketegangan kritis antara hidup dan mati.

Contoh Lukisan Romantisme : “Kapal Dilanda Badai” Karya Raden Saleh Tahun 1837

Lukisan-lukisannya yang dengan jelas menampilkan ekspresi ini adalah bukti Raden Saleh seorang romantisis. Konon, melalui karyanya ia menyindir nafsu manusia yang terus mengusik makhluk lain. Misalnya dengan berburu singa, rusa, banteng, dll. Raden Saleh terkesan tak hanya menyerap pendidikan Barat tetapi juga mencernanya untuk menyikapi realitas di hadapannya. Kesan kuat lainnya adalah Raden Saleh percaya pada idealisme kebebasan dan kemerdekaan, maka ia menentang penindasan.

Semoga bermanfaat para Apresiator.

Source Informasi Lukisan Indonesia Raden Salwh Kapal Dilanda Badai
Comments
Loading...