AR. Soedarto

Pelukis Indonesia

AR. Soedarto
0 2.697

AR. Soedarto, pelukis abstrak Indonesia ini, lahir di Kudus, Jawa Tengah. Selain memekuni dunia lukis, pria ini juga menekuni dunia Fotografi.

Perjalanan Karier AR. Soedarto

Pendidikan
  • Lulusan Sekolah Tinggi Seni Rupa Nasional, Jakarta (1976) dan
  • Lulusan dari Fakultas Hukum Universitas Bung Karno, Jakarta (2012).

Pameran

  • Telah aktif berpameran di berbagai daerah di Indonesia sejak tahun 1973. Pameran pertamanya adalah pameran bertiga, di Balai Budaya Jakarta, 1973, yang pembukaannya diresmikan oleh bapak Kusnadi, Direktur DirJen Kebudayaan.
  • Sedangkan Pameran tunggalnya yang pertama kali di gelar di Galeri Cipta, Taman Ismail Marzuki, Jakarta pada 1999.

Sampai tahun 2013, ia tercatat telah berpameran tunggal sebanyak 8 kali. Pameran tunggalnya ke 8 nya yang bertajuk “Ring of Fire Painting:…..Negeri Rawan”, digelar di Galeri Cipta III, Taman Ismail Marzuki, Jakarta, pada 18-27 Oktober 2013. Judul sekaligus tema pameran lukisan yang dipilihnya tersebut merupakan ekspresi atas kondisi geografis Indonesia yang dikelilingi oleh pegunungan berapi, sehingga Indonesia dikenal dengan julukan “Ring of Fire” (Negeri Cincin Api). Baginya, fenomena ini dapat dilihat dari dua sisi, dimana gunung berapi yang mengelilingi Indonesia telah memberikan kesuburan alam, namun sekaligus ancaman bencana yang selalu mengintai. Dalam pameran ini, ia memamerkan sejumlah lukisan yang merupakan kolaborasi dari konsep Gunung sebagai ciptaan dan anugerah Tuhan, Gunungan (Kayon) dalam wayang kulit (yang penuh dengan filsafatnya) serta Huruf Jawa Honocoroko sebagai warisan budaya lokal yang perlu dilestarikan. Dengan kolaborasi ketiga unsur ini, ia mencoba memberikan inspirasi dan kreatifitas warna baru pada dunia lukis Indonesia.

Penghargaan

Atas peran aktifnya di dunia seni lukis, ia pernah memperoleh sejumlah penghargaan, diantaranya meraih penghargaan Lukisan Terbaik pada Festival Seni Mahasiswa Jakarta (1976). Kini karya lukisnya banyak di buru dan dikoleksi oleh para kolektor didalam maupun luar negeri.

Karya Lukisan

  • Aquarium
  • Jukung-jukung
  • Gunung/Kayon
  • Giant Moon and The City
  • dll

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source Informasi Pelukis Indonesia ar.soedarto Soedarto
Comments
Loading...