Barong dan Leak

Siratan sebuah lukisan

Karya Affandi Koesoema
0 4.128

Lukisan Barong dan Leak merupakan salah satu karya atas kecintaan Affandi pada nilai-nilai kultural tertuang dalam setiap karya lukisan beliau yang mengagumkan.

Lukisan Barong dan Leak
  • Pelukis : Afandi
  • Judul : ” Barong dan Leak”
  • Ukuran : 150cm X 200cm
  • Media : Oil on Canvas
  • Aliran : Ekspresionisme

Sebagai seorang Seniman Lukis yang memiliki daya ingat tinggi, Affandi melukiskan suasana saat upacara adat Bali yang mengandung nilai kultural dan historis yang tinggi.

Tokoh-tokoh cerita seperti Barong dan Leak menjadi obyek sentral dalam lukisan ini dengan suasana keramaian tokoh-tokoh pendukung lain.

Dalam mitologi Bali, Leak adalah penyihir jahat. Le artinya penyihir dan ak artinya jahat. Leak hanya bisa dilihat di malam hari oleh para dukun pemburu leak. Di siang hari ia tampak seperti manusia biasa, sedangkan pada malam hari ia berada di kuburan untuk mencari organ-organ dalam tubuh manusia yang digunakannya untuk membuat ramuan sihir. Ramuan sihir itu dapat mengubah bentuk leak menjadi seekor harimau, kera, babi atau menjadi seperti Rangda. Bila perlu ia juga dapat mengambil organ dari orang hidup. Baca juga pengertian Barong.

Suasana upacara adat Bali ini telah meginspirasi Affandi untuk membuat sebuah karya yang terlihat sempurna dalam setiap goresan, kombinasi warna dan penggambaran suasana yang unik.

Semoga bermanfaat para Apresiator.

Source Informasi Lukisan Indonesia Koleksi Karya Tulisan Affandi yang Langgeng Biodata Pelukis Affendi dan Karyanya
Comments
Loading...