Abdullah Suriosubroto

Jejak seorang anak angkat yang dijuluki “Mooi Indie”

Abdullah Suriosubroto
0 7.956

Abdullah Suriosubroto lahir di Semarang, 1878 dan wafat di Yogyakarta, 1941 adalah seorang pelukis Indonesia. Dia adalah anak angkat dr. Wahidin Sudirohusodo, seorang tokoh Gerakan Nasional Indonesia. Namun Abdullah sama sekali tidak tertarik dengan dunia pergerakan, dia mengambil jalan hidup berbeda. Dia berkesempatan belajar di negeri Belanda mengikuti kemauan sang ayah agar Abdullah menempuh studi kedokteran, tetapi kenyataannya ia malah belajar seni lukis di Den Haag. Abdullah juga merupakan ayah dari pelukis Sudjono Abdullah dan Basoeki Abdullah.

Abdullah dipandang sebagai pelukis Indonesia yang pertama pada abad ke-20. Objek lukisan kesukaannya adalah pemandangan. Dia dimasukkan dalam aliran yang dijuluki “Mooi Indie” (“Hindia Indah”).

Sebenarnya penggayaan lukisan Abdullah hampir sama dengan ajaran A. A. J. Payen kepada Raden Saleh. Yakni menggambarkan nuansa romantisme gaya Eropa yang dituangkan versi keindahan Indonesia, dimana alam mendominasi. Berbeda kembangannya dengan putranya Basuki Abdullah yang mengembangkan Mooi Indie lebih ditekankan kepada keindahan wanita.

Karya Lukis

  • Pemandangan di Djawa Tengah
  • Pemandangan di Sekitar Gunung Merapi
  • Scenery
  • Pemandangan Gunung
  • Hamparan Sawah
  • Dll

Abdullah mulai menetap beberapa tahun di Bandung agar dekat dengan alam yang dia suka lukis. Kemudian dia pindah ke Yogyakarta, di mana dia meninggal tahun 1941.

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source http://archive.ivaa-online.org/pelakuseni/abdullah-suriosubroto https://id.m.wikipedia.org/wiki/Abdullah_Suriosubroto https://mardiyyan.wordpress.com/2013/03/27/mooi-indie-sebuah-jejak-kemolekan-modernisme-indonesia/
Comments
Loading...