Damien Dematra

Pelukis tanpa aliran

Damien Dematra
0 3.095

Damien Dematra adalah seorang humanitarian, novelis, sutradara, penulis skenario, produser, fotografer internasional, dan pelukis. Ia telah menulis 101 novel dan buku dalam bahasa Inggris dan Indonesia, 81 skenario film dan TV series, dan memproduksi 48 film dalam berbagai genre.

Sebagai pelukis, Damien Dematra telah menghasilkan ribuan karya lukis dan sketsa, di antaranya 365 lukisan yang diselesaikan dalam waktu 1 tahun, dan telah melakukan 4 kali pameran tunggal. Salah satu lukisannya tentang Obama, telah diterima secara resmi oleh Presiden Barack Obama di White House.

Damien Dematra belajar melukis pertama kali pada tahun 1998 di bawah bimbingan langsung almarhum pelukis senior, Mustika, yang dilanjutkan dengan belajar secara autodidak dengan bereksperimen langsung dengan berbagai macam teknik dan media.

Damien memutuskan untuk “turun gunung” dan melukis kembali untuk membantu Yayasan Lupus Indonesia dan memeriahkan kedatangan Presiden Barack Obama. Pemberontakan Damien Dematra untuk tidak mau dipenjarakan oleh suatu aliran dan style dalam melukis membuatnya memutuskan menggunakan tiga gaya berbeda dalam pameran tunggal ini, yaitu:

  1. 10 lukisan beraliran ekspresionis,
  2. 10 lukisan beraliran pop art, dan
  3. 10 lukisan beraliran minimalis (white on white).

Unsur realis dalam lukisan-lukisannya sengaja dihindari guna memberi dinamika pada karya-karyanya tersebut; apalagi realisme sejati dari Obama Anak Menteng (OAM) sudah terwujud dalam bentuk sinematografi.

Di Awal 2011, Damien mempergunakan teknik lukis tambal-timbul dengan style green on green dan minimalis. Warna hijau diartikan sebagai warna kesuburan, di mana diharapkan pluralisme yang dikembangkan oleh Gus Dur dapat semakin subur di hati masyarkat Indonesia. Damien memamerkan 20 lukisan ukuran besar di oameran tersebut.

Selain Gus Dur, Damien juga telah melukis Sri Sultan Hamengkubuwono X dan Ratu Hemas , Presiden B.J. Habibie dan istri dan salah satu lukisannya tentang Presiden Obama telah diterima secara khusus di Gedung Putih.

Sayangnya karena banjir yang melanda Jakarta, sebagian besar karya-karya Lukis Damien Dematra hancur lebur. Kekecewaan ini membuat Damien menolak untuk memenuhi beberapa undangan untuk memamerkan karyanya di Eropa dan Amerika.

Pameran Tunggal
  • 2010-Obama Anak menteng di Aula SDN Menteng dan dibuka oleh Wk. Dubes USA Ted Osius.
  • 2010-Obama and the Giants di Galeri Cipta II, Pusat Kesenian Jakarta Taman Ismail Marzuki. Diliput secara khusus oleh Wall Street Journal.
  • 2010-The fastest di Dharmawangsa Lobby. Dibuka oleh Jaya Suprana sekaligus memverifikasi usaha pembuatan rekor dunia Pelukis Tercepat.
  • 2011-Gus Dur in Green di Galeri Cipta II, Pusat Kesenian Jakarta Taman Ismail Marzuki.

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source Informasi Lukisan Indonesia Damien Dematra
Comments
Loading...