Pelukis Djoko Pekik

Pelukis Realis-ekspresif yang dibumbui nilai kerakyatan

Djoko Pekik
0 3.296

Djoko Pekik lahir pada tanggal 2 Januari 1937 di Grobogan Jawa Tengah. Bakatnya melukis sudah terlihat sejak ia masih kecil. Namun sayangnya, ia dari keluarga tidak berada, sehingga masa kecilnya terlewati dengan membantu kedua orang tuanya dan sama sekali tidak ada cita-cita menjadi pelukis. Pendidikan formalnya tidak mencapai SD, akhirnya ia bergabung dengan LEKRA (Lembaga Kebudayaan Rakyat), disinilah Djoko Pekik mulai berkreatifitas dengan melukis, dan lukisannya masuk 5 besar terbaik saat itu.

Gaya pelukisan Djoko Pekik adalah realis-ekspresif dan dibumbui nilai-nilai kerakyatan. Semasa aktif di Sanggar Bumi Tarung, lukisan yang dihasilkan olehnya merupakan karya yang terinspirasi setelah melakukan Aksi Turun Ke Bawah (Turba) ke kawasan-kawasan miskin dan terhisap. Djoko Pekik merupakan seniman Bumi Tarung yang ditangkap polisi pada 8 November 1965 karena dianggap berhubungan dengan LEKRA.

Pada saat Djoko berada dalam penahanan sel pasca peristiwa G30/S PKI, seorang peneliti bernama Astari banyak membaca karya-karya Djoko, hingga akhirnya ia diikut sertakan di Amerika pada tahun 1989 untuk mengikuti pameran lukisan. Mendadak nama Djoko Pekik terkenal di Indonesia, para kolektorpun memburu karya-karyanya, karena dianggap sangat ekspresif. Ia mampu mencurahkan seluruh perasaannya di atas kanvas.

Karier

Selama perjalanan kariernya dalam dunia lukis, ia pernah beberapa kali menggelar pameran.

  1. Sebelum tahun 1965, ia menggelar 3–4 kali pameran karyanya di Jakarta, kemudian vakum.
  2. Pada tahun 1990, Djoko Pekik kembali menggelar pameran di Edwin’s Gallery Jakarta dan disusul dengan pameran lain.
  3. Pada tahun 1998, ia mengadakan pameran aneh dan tak lazim di Bentara Budaya Yogyakarta (BBY). Selama pagelaran pameran sehari semalam tersebut, ia hanya menampilkan satu buah lukisan.
  4. Pada tahun 1999, ia sempat menjual karyanya dengan harga 1 milyar.
Hasil Karya Djoko Pekik
  • Celeng
  • Go to Hell Crocodile
  • Yes I am a Whore
  • Becak Driver is Being Baby
  • Bumi Tarung, Pasangan Hidup
  • Tak seorangpun Pulang
  • dan lain-lain.

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source Informasi Lukisan Indonesia Djoko Pekik Pwkikan Djoko Pekik
Comments
Loading...