Fungsi dan Manfaat Lukisan

0 13.040
Fungsi dan Manfaat Lukisan

Lukisan ini banyak sekali fungsi dan manfaatnya untuk kehidupan kita, baik dari segi kesehatan, refleksi, maupun rohani kita. Kita bisa melihat bahwa banyak sekali hasil karya seni dalam bentuk lukisan yang berani dibayar mahal oleh pembelinya. Alasannya karena setiap hasil karya lukisan mengandung makna yang berbeda-beda dan orang-orang yang bisa memahaminya, sangat merasa terhormat untuk menyimpan sebagai barang pribadinya.

1. Memperindah ruangan atau bangunan

Poin ini adalah fungsi paling terlihat mengapa orang-orang sering membeli lukisan untuk dipasang di rumahnya. Lukisan akan memberikan suatu perbedaan dari realita sehingga membuat ruangan dan bangunan menjadi lebih unik dan maknawi.

2. Memberikan keberuntungan

Sebagian dari seniman memberikan spiritualitasnya ke dalam bidang lukisan. Yang disebut spiritualitas ini bisa mendatangkan sesuatu yang bersifat spiritual, termasuk keberuntungan dalam keseharian kita. Dalam beberapa lukisan khusus, ada suatu aura positif yang membuat anda selalu berpikir optimis. Pemikiran ini bisa terus menurun hingga menjadi suatu keberuntungan tersendiri di dalam perjalanan hidup.

3. Memancing kreativitas dan daya imajinasi

Baik bagi seniman atau penikmat seninya, manfaat lukisan dalam ruangan bisa memancing daya kreativitas seseorang hanya dengan melihatnya atau menjadikannya sebagai kegiatan setiap hari. Dari segi seniman, semakin sering dia melukis, maka pikirannya akan terus terangsang dengan hal-hal yang baru untuk menjadi bahan lukisnya. Dari setiap komponen alam atau imajinasinya, seniman akan menggunakan kreativitas untuk menyempurnakan semua hasil karyanya.

Sementara dari segi penikmat seni, para pengunjung atau pembeli lukisan akan terpengaruh dengan daya imajinasi pelukis yang juga akan terpatri perlahan dalam ingatannya. Semakin hari penikmat seni akan menyukai hal-hal yang lebih eksentrik dan inovatif. Hal ini mempengaruhi cara Anda bekerja, berperilaku, atau memikirkan gagasan dalam memutuskan sesuatu.

4. Sebagai sarana edukasi

Lukisan yang digunakan untuk keperluan edukasi biasanya berisi tulisan dan menggunakan tokoh terkenal untuk menarik perhatian orang-orang. Lukisan ini sering kita sebut dengan mural. Lukisan ini bisa berisi semboyan, atau penyuluhan tidak langsung untuk mempengaruhi sikap dan perilaku orang-orang. Hal ini terjadi secara sadar dan tidak sadar, tergantung bagaimana reaksi dari orang yang melihatnya.

Selain itu, lukisan untuk sarana edukasi juga bisa berupa goresan sejarah, tokoh ternama, atau bagian-bagian tubuh untuk dipelajari. Lukisan yang berisi tentang kisah sejarah akan membuat siswa lebih tertarik dengan kisah itu karena ada bantuan untuk mengimajinasikan apa yang sebenarnya terjadi saat itu.

5. Saluran ekspresi yang tak terucapkan

Bagi para seniman, hal ini sangatlah penting bagi kehidupan mereka. Para seniman cenderung memiliki perangai yang tenang dan terbiasa berdiam untuk merasakan alam lebih dalam dari orang-orang normal. Seniman membutuhkan suatu imajinasi yang hanya bisa terbangun pada dimensi lain di pikirannya. Dalam lukisan, seniman menggambarkn bagaimana keadaan imajinasi yang pastinya merupakan jelmaan dari apa yang selama ini mereka rasakan terhadap kehidupan yang mereka jalani, entah kesedihan, kebahagiaan, atau kesengsaraan.

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source Informasi Lukisan Indonesia Fungsi Seni Lukis dalam Kehidupan Sehari-hari
Comments
Loading...