Pelukis I. B. Said

Pelukis wajah tamu-tamu istana negara

I. B. Said
0 4.928

I. B. Said, lahir pada tanggal 28 Agustus 1934. Pelukis ini pditunjuk oleh Presiden Soekarno untuk melukis wajah tamu-tamu negara yang berkunjung ke Indonesia, hingga akhirnya ia melukis 300 wajah. Tamu pertama yang ia lukis adalah Presiden Tiongkok bernama Liu Shoaqi di tahun 1963 dan yang terkahir adalah tamu negara Presiden Iran bernama Mamoud Ahmadinejad pada tahun 2006.

I. B. Said
Sepak Terjang I. B. Said

Nama I. B. Said sudah sangat terkenal dikalangan seniman. Sampai usia 74 jasanya masih digunakan di Istana Negara.

Berawal dari usul Henk Ngantung yang saat itu berada di posisi jabatan sebagai Gubernur memiliki gagasan bahwa pelukis harus diajak aktivitas kenegaraan. Disaat itulah beberapa para pelukis terlibat untuk melukis wajah tamu negara termasuk I.B. Said. Yang kemudian lukisannya dipajang di Istana terkadang ada beberapa tamu minta dibawa pulang.

Saat pemerintahan Bung Karno, para pelukis tidak kurang dari 20 orang dan membuat 10 foto untuk dipasang di titik-titik strategis yang akan terlihat oleh tamu negara, terkadang di titik yang tidak dilewati tamu juga.

Hasil Karya I.B. Said
  1. Segitiga Senen Tinggal Kenangan
  2. wajah-wajah tamu negara:
  3. Ronald Reagan
  4. Xanana Gusmao
  5. Ferdinand Marcos
  6. dan lain-lain.

Semoga bermanfaat dan menambah referenai Anda para pecinta seni lukis Indonesia. Baca juga tentang Delsy Syamsumar disini.

Source Informasi Lukisan Indonesia I. B. Said I. B. Said Pelukis Tokoh-gokoh Negara
Comments
Loading...