I Gusti Ayu Kadek Murniasih

Pelukis Indonesia

I Gusti Ayu Kadek Murniasih
0 34.821

I Gusti Ayu Kadek Murniasih, lahir pada tanggal 21 Mei 1966 di Tabanan, Bali.

Ia merupakan salah satu pelukis perempuan ternama di Indonesia, bahkan banyak karyanya sudah melanglang buana hingga ke mancanegara.

Latar Belakang Karya I Gusti Ayu Kadek Murniasih

Karya-karya Murni merupakan ekspresi diri dan penggambaran emosi dari pengalaman individualnya tentang seks. Kebanyakan lukisannya merupakan ungkapan emosi yang jujur atas pengalaman getir yang dialaminya sejak kecil. Bagaimana kekerasan seksual yang ia alami yang dilakukan oleh ayahnya sendiri, seorang lelaki yang harusnya menjadi sosok pelindung tapi malah menodai darah daging sendiri.

Ia mengangkat masalah gender dan seks sebagai subjeknya dalam berkarya. Melalui karyanya, Murni tak sekedar bercerita tentang seks saja, lebih dari itu, beliau berbicara tentang hidup melalui simbol-simbol yang dapat diinterpretasikan sebagai genital manusia dalam bentuk yang menarik dan jenaka.

Dari karya-karyanya, Murni mengajak masyarakat untuk mengakui bahwa kekerasan seksual dan nilai serta norma yang ada di masyarakat yang menyudutkan perempuan itu selalu ada meski berusaha ditutup-tutupi. Norma dan nilai seringnya menimbulkan tabu yang membatasi diri kaum perempuan dalam mengungkapkan hal tersebut sehingga hanya mampu menjadi luka batin dan trauma yang berusaha dipendam namun bisa menjadi hantu yang paling mengerikan seumur hidup.

Akhir Hayat

I Gusti Ayu Kadek Murniasih akhirnya tutup usia pada 11 Januari 2006 karena kanker rahim. Beliau wafat padausia yang belum juga mencapai angka 40. Dunia seni kontemporer Indonesia lagi-lagi kehilangan seorang perupa perempuan yang berbakat dan potensial, yang mampu dengan tegar mengungkap mimpi buruk dan penderitaan-penderitaannya secara jujur dan polos tanpa pretensi, yang berhasil mengatasi kegetiran dengan menikmati setiap bagian tubuhnya dengan berterus terang.

Karya Lukisan
  • Dia Begitu Kuat Sekali
  • Mata Hati
  • MY COLLECTION
  • Di Gembok
  • Berolahraga Sembilan
  • Hampir Menikmati
  • Dll

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source Informasi Pelukis Indonesia Murni, Betapa Sunyi Jalan itu…
Comments
Loading...