I Ktut Soki

Pelukis Indonesia

I Ktut Soki
0 2.522

I Ktut Soki ( lahir 1946 ) adalah seorang seniman sukses dari Bali. Sebagai anak laki-laki, ia adalah salah satu dari dua anak-anak untuk menerima pelajaran seni dari artis terkenal Arie Smit, dan salah satu pendiri dari “Young Artists”. Gaya ini lahir pada tahun 1967 dari pembinaan pelukis Arie Smith pada anak – anak di desa Panestanan, Ubud, Bali. Setelah periode paradigma kerakyatan, menyusul kemudian keberagaman dalam periode liris humanis universal. Secara bersamaan di Bali juga muncul seniman – seniman “Young Artist” dengan karakter yang sejalan, sedang di Jawa muncul berbagai kecenderungan liris tersebut.

Perjalanan Karir I Ktut Soki

  • Bermula dari seorang anak bernama Nyoman Cakra yang belajar melukis, kemudian disusul oleh anak – anak lain, maka lahirlah gaya lukisan yang naif dengan pewarnaan cenderung cerah dan kaya.
  • Gaya ini sedikit banyak bersumber dari karakter lukisan Arie Smith yang naif, dan penuh warna, tetapi telah mengalami perkembangan dengan sentuhan rasa kultural anak -anak Bali.
  • Ktut Soki merupakan murid kedua setelah Nyoman Cakra.
  • Bersama dengan murid – murid lainnya yang kemudian menjadi pelukis – pelukis terkenal, mereka mendapat sambutan dan dukungan komersial yang baik.
  • Lim Chong Keat seorang arsitek Singapura yang menjadi salah satu kolektor mereka pernah memamerkan karya – karya “Young Artist” di National Art Gallery Kuala Lumpur, Malaysia.
Karya Lukisan

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source Informasi Pelukis indonesia I Ketut Soki I Ketut Soki
Comments
Loading...