Ibu dan Anak Menampi Beras

Siratan sebuah lukisan

Karya Affandi Koesoema
0 1.705

Ibu dan Anak Menampi Beras merupakan tema yang menarik dan unik dari salah satu karya sang Maestro Affandi, yang menggambarkan kehidupan tradisional tempo doeloe.

Lukisan Ibu dan Anak Menampi Beras
  • Pelukis: Affandi
  • Tahun: 1971
  • Judul : ” Ibu dan Anak Menampi Beras “
  • Ukuran : 90cm X 120cm
  • Media : Oil on Canvas
  • Aliran : Ekspresionisme

Makna

Ikatan batin dan kasih sayang antara ibu dan Anak menginspirasi Affandi, dalam nuansa kesederhanaan yang mengandung makna ketulusan dan kedamaian. Walau tubuh seorang ibu sudah termakan usia, seperti yang di gambarkan pada lukisan diatas dengan warna rambut dominan putih, punggung mulai membungkuk dan kaki mengkeriput, namun rasa peduli ibu terhadap anak, baik anak laki-laki ataupun perempuan tidak akan berubah. Ibu akan tetap memikirkan bagaimana perut anaknya kenyang.

Sebenarnya cukup juga banyak lukisan tentang ibu dan anaknya yang diciptakan para Seniman Indonesia, semua tertuang dalam gaya dan caranya masing-masing, termasuk Affandi yang secara ekspresif melukiskan salah satu bentuk kecintaannya terhadap seorang ibu. Pengorbanan seorang ibu yang tanpa pamrih, penuh keikhlasan dan tulus. Kasih sayang ibu tak terkira begitu pula kehangatan dekapannya selalu dirindukan.

Jika Anda para Apresiator mempunyai gagasan lain tentang lukisan karya Maestro Affandi yang bertema “Ibu dan Anak” ini. Silahkan share di kolom komentar. Semoga bermanfaat.

Source Informasi Lukisan Indonesia Lukisan Javafesindo Art Gallery
Comments
Loading...