Lucia Hartini

Pelukis Surealis Indonesia

Lucia Hartini
0 3.207

Lucia Hartini merupakan salah satu pelukis wanita Indonesia yang beraliran surealis. Ia lahir di Temanggung, 10 Januari 1959.

Perjalanan Karier Lucia Hartini

Awalnya, bagi Lucia melukis hanya sekadar hobi, disamping hobi memasak, menjahit dan membuat kerajinan. Cita-citanya memiliki butik atau restoran, oleh karenanya ia dan adik perempuannya sekolah di SKKP di Temanggung. Karena sejak kecil sudah suka menggambar, kakaknya memasukkannya ke Sekolah Menengah Seni Rupa (SMSR) Yogyakarta. Ia memutuskan menekuni seni lukis, tapi kelas 2, ia dikeluarkan dari sekolah.

Lucia Hartini melukis dengan cat minyak di atas kanvas, dengan teknik akademis. Ia juga menerapkan teknik arsir (hatching) pada seluruh permukaan bidang lukisnya untuk menegaskan volume, cahaya, ruang, dan waktu. Ia sendiri sebelumnya tidak tahu aliran lukisannya, karena ia melukiskan apa yang ia dapat dari meditasi dan pengalaman spiritual.

Ia sering meditasi, semedi, dan tak jarang menemukan pengalaman yang kalau diceritakan antara percaya dan sulit percaya. Karyanya berdasarkan pada pengalaman spiritual yang diimajinasikan dalam lukisan. Ia mengaku bahwa ia mendapat inspirasi melalui komunikasinya dengan alam dan Tuhan. Dalam setiap lukisan ia selalu menyertakan unsur air dan awan yang membuatnya merasa tidak ada batas antara ia, alam, dan Sang Pencipta.

Pameran

Karyanya banyak dicari para kolektor lukisan. Karya lukisan Lucia Hartini sering kali diikutkan dalam pameran-pameran nasional dan internasional. Tak jarang ia mengadakan pameran tunggal untuk menunjukkan bahwa dirinya tetap eksis berkarya. Bahkan, salah satu lukisannya berjudul ‘The Blue Moon’ dikoleksi Museum Fukoka Tokyo, Jepang, dan dijadikan cover buku berbahasa Inggris, ‘Modern Asian Art’.

Penghargaan

Beragam penghargaan karya seni rupa pernah diraih Lucia Hartini, namun tak pernah sekalipun ia mendatangi penganugerahan penghargaan karena selalu berhalangan hadir.

Semua penghargaan dan kesuksesan yang bisa diraihnya selama ini menjadikan Lucia Hartini bangga terhadap dirinya sendiri. Hal itu karena ia merasa mampu bangkit dalam keterpurukan membangun rumah tangganya. Dalam kesendirian nya, ia juga terus berjuang untuk menghidupi dan membesarkan keempat anaknya.

Karya Lukisan

  • Dewi Sri
  • Payung
  • Nuklir Dalam Wajan
  • Hati Yang Menang
  • Hancurlah Bunganya
  • Karna Tanding
  • Spirit of Life
  • Eyang Ismoyo
  • Dll

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source Informasi Pelukis Indonesia Lucia Hartini Lucia Hartini
Comments
Loading...