Lukisan “2 Bali Dancers (I Made Suta)

2 Bali Dancers - I Made Suta
0 3.558

Lukisan 2 Bali Dancers merupakan salah satu karya perupa seni lukis Indonesia, I Made Suta.

2 Bali Dancers – I Made Suta
  • Pelukis : I Made Suta
  • Judul : “2 Bali Dancers”
  • Tahun : 1995
  • Media : Oil On Canvas
  • Ukuran : 80 cm x 100 cm

Deskripsi Lukisan 2 Bali Dancers

Lukisan ini merupakan lukisan ekspresionis dengan gaya kontemporer. Dengan teknik melukis menggunakan cat minyak di atas kanvas.

Makna Lukisan

Tarian Bali adalah tradisi tarian yang sangat kuno, yang merupakan bagian dari ekspresi keagamaan dan artistik antara orang-orang Bali, Indonesia. Tarian bagi masyarakat Bali merupakan salah satu wujud budaya yang sering diperagakan dalam tatanan masyarakat mereka sebagai wujud ekspresi diri dan tujuan tertentu.

Tari Bali tidak selalu bergantung pada alur cerita. Tujuan utama penari Bali adalah untuk menarikan tiap tahap gerakan dan rangkaian dengan ekspresi penuh. Kecantikan tari Bali tampak pada gerakan-gerakan yang abstrak dan indah. Tari-tari Bali yang paling dikenal antara lain pendet, gabor, baris, sanghyang dan legong.

Tari Bali sebagian besar bermakna religius. Sejak tahun 1950-an, dengan perkembangan pariwisata yang pesat, beberapa tarian telah ditampilkan pada kegiatan-kegiatan di luar keagamaan dengan beberapa modifikasi.

Tarian Bali merupakan sebuah ekspresi jiwa manusia yang diwujudkan melalui gerak keseluruhan tubuh yang indah yang ditata dengan irama lagu pengiring sesuai dengan watak dan tema tari.

Di Bali, seni tari pada dasarnya merupakan tari upacara yang selalu berkaitan dengan ritual yang ada di Bali baik itu upacara persembahan kepada pada dewa, para leluhur, maupun para penguasa alam. Dalam bahasa Bali tidak ada padanan kata seni itu sendiri karena seni dianggap sudah menyatu dengan kehidupan sehari-hari. Orang Bali menerjemahkan tari dengan sesolahan sementara penarinya disebut pragina.

Tarian Bali sangat berkaitan dengan alam lingkungannya. Alam lingkungan menjadi sumber inspirasi para pencipta tari sehingga sanggup menghasilkan tari yang kaya akan perbendaharaan gerak.

Tarian Bali sangat unik, dinamik, dan gerakan-gerakannya sangat beragam. Ketika menari seorang penari harus mampu memainkan seluruh anggota badannya, dari kepala hingga jari-jari kaki.

Dasar Gerak Tari Bali

Secara garis besar dasar-dasar Tari Bali dibagi menjadi 3 bagian yaitu:

1. Agem adalah sikap pokok yang mengandung suatu maksud tertentu yaitu suatu gerak pokok yang tidak berubah-ubah dari satu sikap pokok ke sikap pokok yang lain.

2. Tandang adalah cara memindahkan suatu gerakan pokok kegerakan pokok yang lain, sehingga menjadi satu rangkaian gerak yang bersambungan.

3. Tangkep adalah mimik yang memancarkan penjiwaan tari yaitu suatu ekspresi yang timbul melalui cahaya muka.

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source indonesia.blogspot.co.id http://paintings-indonesia.blogspot.co.id/2013/03/27000.html?m=1 http://www.balimusicanddance.com/about-us/dance?lang=id
Comments
Loading...