Lukisan “3 Dunia” (Ida Bagus Putu Purwa)

3 Dunia - Ida Bagus Putu Purwa
0 12.495

Lukisan 3 Dunia merupakan salah satu tema karya perupa seni lukis Indonesia, Ida Bagus Putu Purwa.

3 Dunia – Ida Bagus Putu Purwa
  • Pelukis : Ida Bagus Putu Purwa
  • Judul : “3 Dunia”
  • Tahun : 2013
  • Media : Oil, Charcoal On Canvas
  • Ukuran : 300 cm x 120 cm

Deskripsi Lukisan 3 Dunia

Lukisan ini merupakan lukisan  ekspresionis, konseptual dengan gaya illustration. Dengan teknik melukis menggunakan cat minyak dan bahan campuran di atas kanvas.

Makna Lukisan

Konsep karya seni Ida Bagus Putu Purwa adalah pencarian terus menerus tentang kebebasan. Lukisannya berbicara tentang tubuh manusia dalam pencarian yang benar dan kerinduan akan kebebasan, menyadari bahwa keberadaan manusia atau hak atas batas akhir yang diberikan kepada mereka sejak lahir.

Meskipun subjek dalam lukisan kadang mengambil bentuk atau postur tubuh yang berbeda, namun kenyataannya adalah ekspresi dirinya sendiri. Untuk alasan ini, mereka bukan subjek yang benar-benar berbeda, tapi hanya tubuh; Perwujudan dari pokok bahasan yang sama, yaitu seniman itu sendiri.

Karya-karyanya adalah ekspresi dari pencarian kebebasan dan sebuah refleksi dari gerakan dan penderitaan dari dorongan untuk menemukan mimpinya. Mengenakan topeng atau wajah yang dicat untuk menyembunyikan penderitaannya, tubuh-tubuh ini bergerak sampai ke tepi kanvas (atau kertas) seolah-olah mereka ingin keluar dari bingkai, mencari kebebasan di luar tepi yang terbatas.

Melompat tinggi atau hampir lenyap ke samping saat berlari, mencoba keluar. Sering kali mereka menari dengan gerakan yang kuat, terinspirasi oleh tarian tradisional Bali, mereka menimbulkan kemarahan, frustrasi tapi juga kebahagiaan dan penerimaan. Komposisi anggun yang menunjukkan kekuatan rentan dan postur berkaki ringan menanggung beban mentalnya.

Kadang-kadang tubuh itu berdiri kritis di tepi tebing imajiner dengan kedalaman yang tidak diketahui, meskipun pada saat bersamaan mereka tampaknya tidak bunuh diri atau ingin meninggalkan dunia ini dan dengan tidak bertanggung jawab mengabaikan bebannya. Mereka tampaknya menyadari bahwa beban keterbatasan tubuh seseorang. Sebuah perjuangan untuk penerimaan. Penuh dengan emosi yang meningkat dan tradisi budaya yang kaya, sosok bergaya Purwa memanfaatkan keragaman dan semangat latar belakangnya.

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source https://indoartnow.com/artists/ida-bagus-putu-purwa https://indoartnow.com/uploads/artwork/image/172/artwork-1398920510.jpg www.lukisan.nl
Comments
Loading...