Lukisan “8 Bab 44 Pasal #77” (Agus Suwage)

8 Bab 44 Pasal #77 - Agus Suwage
0 1.333

Lukisan “8 Bab 44 Pasal #77” merupakan salah satu karya perupa seni lukis Indonesia, Agus Suwage.

8 Bab 44 Pasal #77 – Agus Suwage
  • Pelukis : Agus Suwage
  • Judul : “8 Bab 44 Pasal #77”
  • Tahun : 2009
  • Media : Mixed Media
  • Ukuran : 127 x 101.5 cm

Deskripsi Lukisan “8 Bab 44 Pasal #77”

Lukisan ini merupakan lukisan dengan gaya kontemporer. Dengan teknik melukis menggunakan media campuran. Dalam lukisan ini telihat potret wanita dengan tulisan undang-undang tentang pornografi.

Pembahasan akan RUU APP ini sudah dimulai sejak tahun 1997 di DPR.[6]Dalam perjalanannya draf RUU APP pertama kali diajukan pada 14 Februari2006 dan berisi 11 bab dan 93 pasal.

Pornografi dalam rancangan pertama didefinisikan sebagai “substansi dalam media atau alat komunikasi yang dibuat untuk menyampaikan gagasan-gagasan yang mengeksploitasi seksual, kecabulan, dan/atau erotika” sementara pornoaksi adalah “perbuatan mengeksploitasi seksual, kecabulan, dan/atau erotika di muka umum”.

Pada draf kedua, beberapa pasal yang kontroversial dihapus sehingga tersisa 82 pasal dan 8 bab. Di antara pasal yang dihapus pada rancangan kedua adalah pembentukan badan antipornografi dan pornoaksi nasional. Selain itu, rancangan kedua juga mengubah definisi pornografi dan pornoaksi. Karena definisi ini dipermasalahkan, maka disetujui untuk menggunakan definisi pornografi yang berasal dari bahasa Yunani, yaitu porne(pelacur) dan graphos (gambar atau tulisan) yang secara harafiah berarti “tulisan atau gambar tentang pelacur”. Definisi pornoaksi pada draft ini adalah “upaya mengambil keuntungan, baik dengan memperdagangkan atau mempertontonkan pornografi”.

Dalam draf yang dikirimkan oleh DPR kepada Presiden pada 24 Agustus2007, RUU ini tinggal terdiri dari 10 bab dan 52 pasal. Judul RUU APP pun diubah sehingga menjadi RUU Pornografi. Ketentuan mengenai pornoaksi dihapuskan. Pada September2008, Presiden menugaskan Menteri AgamaMenteri Komunikasi dan InformatikaMenteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, dan Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan untuk membahas RUU ini bersama Panitia Khusus DPR. Dalam draf final yang awalnya direncanakan akan disahkan pada 23 September 2008, RUU Pornografi tinggal terdiri dari 8 bab dan 44 pasal. (Wikipedia)

Karakteristik Karya

Karya Agus Suwage kerap menyajikan pendekatan apropriasi berkelanjutan dari karya seniman lain maupun karya lamanya sendiri yang terus menerus dibuat ulang dan dikembangkan dalam lapisan yang berbeda.

Apropriasi dalam penciptaan karya seni bisa diartikan sebagai kecenderungan menggunakan atau meminjam karya orang lain sebagai pijakan. Meminjam elemen-elemen suatu karya untuk menciptakan karya baru.

Karya yang dipinjam bisa sangat beragam, dari produk budaya populer sampai karya-karya masterpiece dari berbagai rentang waktu dengan segala konsep sosio-historis dan politik yang melatarbelakanginya. Apropriasi juga dapat dikatakan menciptakan karya seni baru dengan menggunakan prinsip yang sama dengan karya seni orang lain. Gagasan dari karya seni yang dilempar cenderung berbeda dari karya seni yang menjadi tinjauan, bisa lebih terbarukan tentang isu yang sama atau-pun tak ada hubungannya sama sekali dengan gagasan karya yang menjadi tinjauan, bisa pula menyindir, menyanggah, atau merevisi. (bersyeni)

Karya-karya Suwage seperti membenarkan klaim bahwa seni kontemporer memijakkan dirinya pada posmodernisme.

Karya-karyanya dianggap berhasil menghidupkan kembali jenis seni rupa yang nyaris diabaikan selama ini yaitu gambar (drawing).

Agus Suwage menghadirkan persoalan ketegangan antara kesadaran individu pada karya-karyanya, seperti pernyataannya yang menyatakan pandangannya bahwa: “Ada bermacam-macam paksaan yang tidak bisa ditolak dan membuat kita tidak punya pilihan. Paksaan itu tidak bisa dibilang jahat, tapi kenyataannya mengikat, menyakitkan, bahkan menakutkan.”

Media Lukisan Agus Suwage

Ketika awal berkecimpung dalam dunia seni rupa, karya Agus Suwage lebih condong ke tema komentar sosial. Bahan atau alat yang digunakan Suwage dalam berkarya juga tak lepas dari keanehan atau tidak lazim. Seperti menggunakan pelat alumunium atau juga menggunakan aspal dan tanah sebagai media. Baginya melukis di atas kertas lebih menarik daripada melukis menggunakan kanvas. Melalui penggunaan cat air dan cat minyak, Agus Suwage mampu mengekplorasi teknik yang menampilkan efek transparan.

Karya Agus Suwage Tahun 1990-an

Banyak karya Suwage, terutama hingga 1990-an, menampilkan ruang trimatra (tiga dimensi) yang didatarkan. Karya “Keberangkatan”, menampilkan satu “perahu-gerobak” berdayung mengangkut sejumlah kepala.

Karya dilengkapi mekanik berbunyi gemuruh membuat gerak mendayung perlahan. Latar belakang “kendaraan” ini adalah gambar charcoal berupa gerobak yang sama membawa tubuh-tubuh tanpa kepala.

Latar belakang gambar adalah citra sebuah pojok ruangan berbatas dinding. Ditempatkan di ujung Bale Tonggoh SSAS, latar gambar ini terasa meniru batas ruangan. Bentuk trimatra dilengkapkan dengan ilusi dwimatra (dua dimensi).

Potret Diri Sebagai Kritik Sosial dan Trademark

Jika kita melihat dalam beberapa hasil karya Agus Suwage, self-potrait tidak hanya menjadi sebuah subjek independen yang menjadi titik pusat, akan tetapi juga hadir berdampingan dengan elemen yang lain. Karya Agus merupakan kombinasi antara refleksi diri dan kontradiksi tentang “diri” itu sendiri. Dengan menggunakan kameranya, Agus merekam berbagai pose dan raut wajah miliknya, yang kemudian diteruskannya dalam gambar atau lukisan.

Dengan cara tersebut, Agus dianggap menerima fakta bahwa ketika dia menjadi subjek, di saat yang sama dia juga menjadi objek. Hasil karyanya kemudian dianggap dapat menggambarkan bahwa “diri” dapat dipisah-pisah, menjadi pusat dari subjektifitas-diri, dan identitas mengenai diri akan selalu berubah ketika hadir diantara kehidupan sosial.

Agus Suwage kerap menggunakan foto dirinya dalam berbagai pose dan latar belakang, untuk menyampaikan kritik atas isu sosial-politik di sekitarnya.

”Potret-diri (self-portrait) merupakan “trademark” karya seni rupa Agus Suwage yang merupakan hasil pengolahannya yang intens untuk menghadirkan sejumlah persoalan; tubuh, gender, seni rupa, citra fotografi, persoalan sosial-politik, sejarah, eksistensi diri manusia, kritik sosial, hingga kritik diri.

Kutipan Kurator

Pada sebagian besar karyanya, Suwage lebih menyelami dunia lintas batas: antara dirinya dan orang lain, antara manusia dengan jenis makhluk lain, antara kerumitan dan kemudahan, antara yang biasa dengan yang luar biasa, antara netralitas dan paradoksal. Dan sejak lama ia telah meninggalkan pesan-pesan komunal ideologis (karya-karya dengan ide politik) dalam karyanya, karena ia selalu merasa bahwa dirinya adalah orang yang cepat jenuh. Perasaan cepat jenuh inilah yang selalu mengikuti pergolakan media yang dipakainya pula. (Mikke Susanto – In Between, Perupa Dalam Rotasi Media).

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source http://www.artnet.com http://www.artnet.com/artists/agus-suwage/8bab-44-pasal-77-gaxASURjr2ziL3qZVt_auQ2 http://www.biennalejogja.org/2013/artist/agus-suwage-idn/
Comments
Loading...