Lukisan “A Wedding Ceremony” (A. A. J. Payen)

A Wedding Ceremony - A. A. J. Payen
0 3.613

Lukisan A Wedding Ceremony merupakan salah satu tema karya perupa seni lukis Indonesia, A. A. J. Payen.

A Wedding Ceremony – A. A. J. Payen
  • Pelukis : A. A. J. Payen
  • Judul : “A Wedding Ceremony”
  • Tahun : –
  • Media : –
  • Ukuran : –

Deskripsi Lukisan A Wedding Ceremony

Lukisan ini merupakan lukisan landscape dengan gaya Mooi Indie. Dalam lukisan ini pelukis menggambarkan tentang sebuah upacara pernikahan tradisional di Indonesia. Lukisan ini juga merupakan salah satu karya pelukis yang terdapat pada buku dokumentasi Foto karya seniman Yayasan Cemeti tahun 2003.

Makna Lukisan

Indonesia sangat kaya akan budaya dan adat istiadat. Tak terkecuali tentang upacara pernikahan tradisional yang masih dijalankan hingga saat ini. Acaranya begitu kental akan tradisi sehingga tidak heran kalau pernikahan menjadi momen cukup sakral.

Upacara pernikahan adalah upacara adat yang diselenggarakan dalam rangka menyambut peristiwa pernikahan. Pernikahan sebagai peristiwa penting bagi manusia, dirasa perlu disakralkan dan dikenang sehingga perlu ada upacaranya.

Di Indonesia upacara pernikahan dilakukan dengan dua cara, tradisional dan modern. Ada kalanya pengantin menggunakan kedua cara tersebut, biasanya dalam dua upacara terpisah.

Upacara Tradisional

Upacara pernikahan secara tradisional dilakukan menurut aturan-aturan adat setempat. Indonesia memiliki banyak sekali suku yang masing-masing memiliki tradisi upacara pernikahan sendiri. Dalam suatu pernikahan campuran, pengantin biasanya memilih salah satu adat, atau adakalanya pula kedua adat itu dipergunakan dalam acara yang terpisah.

Upacara Modern

Upacara pernikahan modern dilakukan dengan mengikuti aturan-aturan dari luar negeri. Biasanya gaya yang dipakai adalah gaya Eropa. Pernikahan yang dilakukan dengan aturan Islam mungkin dapat juga dimasukkan ke dalam kategori upacara pernikahan modern.

Dalam lukisan ini terlihat upacara pernikahan tradisional dengan pengantin diarak di atas kencana, iring-iringan bak pangeran dan putri kerajaan yang dijaga oleh prajuritnya dengan kuda putih lengkap dengan tabuhan musik tradisional.

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source http://archive.ivaa-online.org/ http://archive.ivaa-online.org/pelakuseni/aaj-payen https://id.m.wikipedia.org/wiki/Upacara_pernikahan
Comments
Loading...