Lukisan “Abstraction Logic” (Widodo Kabutdo)

Abstraction Logic - Widodo Kabutdo
0 3.792

Lukisan Abstraction Logic merupakan salah satu karya perupa seni lukis Indonesia, Widodo Kabutdo.

Abstraction Logic – Widodo Kabutdo
  • Pelukis : Widodo Kabutdo
  • Judul : “Abstraction Logic”
  • Tahun : –
  • Media : Plastic
  • Ukuran : 7.9 H x 0.4 W x 7.9 in

Deskripsi Lukisan Abstraction Logic

Lukisan ini merupakan lukisan dengan gaya Natural konseptual. Dengan teknik melukis menggunakan plastik. Dalam lukisan ini, pelukis menggambarkan tentang logika abstraksi dalam ronde, satu set pemikir epigon.

Makna Lukisan

Ketika kesulitan mendapatkan sebuah ide atau melanjutkan sebuah ide maka kita akan mencoba melihat apa yang sudah dilakukan oleh orang lain. Apakah tindakan kita sudah dikatakan dengan Epigon? Mengapa epigon menimbulkan pro dan kontra?

Epigon adalah orang yang tidak memiliki gagasan baru dan hanya mengikuti jejak pemikir atau seniman yang mendahuluinya. Sebutan singkatnya adalah peniru. Dari pengertiannya saja berarti cenderung negatif dan tidak disukai orang.

Dibandingkan dengan plagiat, epigon urutannya persis di atas plagiat. Artinya, epigon sedikit lebih baik daripada plagiat, tetapi tetap saja tidak baik.

Epigonisme juga sering digunakan oleh beberapa tokoh sastra untuk menghakimi tokoh sastra lainnya. Seperti “pengadilan puisi” dari Slamet Kirnanto yang memojokkan Goenawan Mohamad dan teman-temannya. Pada kesempatan itu, dia menyebut Goenawan Mohamad, Sapardi Djoko Damono, dan Abdul Hadi hanyalah epigon-epigon yang saling terhubung.

Meski epigon lebih baik daripada plagiator, dua-duanya bukanlah alternatif yang baik untuk berkarya. Ide itu mahal. Maka, kreatif dan inovatif benar-benar diperlukan untuk melahirkan karya yang benar-benar punya identitas.

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source Saatchiart.com https://www.saatchiart.com/art/Installation-abstraction-logic-series-Epigon/533844/1907130/view
Comments
Loading...