Lukisan “Achilles Series #1” (Jumaldi Alfi)

Achiless Series #1 - Jumaldi Alfi
0 3.600

Lukisan Achilles Series #1 merupakan beberapa tema karya perupa seni lukis Indonesia, Jumaldi Alfi.

Achiless Series #1 – Jumaldi Alfi
  • Pelukis : Jumaldi Alfi
  • Judul : “Achilles Series #1″
  • Tahun : 2012
  • Media : Acrylic On Canvas
  • Ukuran : 225 cm x 225 cm

Deskripsi Lukisan Achilles Series #1

Lukisan ini merupakan lukisan dengan gaya abstrak ekspresionisme. Teknik pengecatan lukisan menggunakan bahan akrilik di atas kanvas. Lukisan ini menggambarkan tentang filosofi achilles.

Makna Lukisan

Tendon Achilles atau tendo calcaneus adalah tendon pada bagian belakang tungkai bawah. Ia berfungsi untuk melekatkan otot gastrocnemius, otot soleus, dan otot plantariske salah satu tulang penyusun pergelangan kaki, calcaneus.

Tendon Achilles berasal gabungan dari tiga otot yaitu gastrocnemius, soleus, dan otot plantaris kaki. Pada manusia, letaknya tepat di bagian pergelangan kaki. Tendon Achilles adalah tendon tertebal dan terkuat pada badan manusia. Panjangnya sekitar 15 sentimeter, dimulai dari pertengahan tungkai bawah. Kemudian strukturnya kian mengumpul dan melekat pada bagian tengah-belakang tulang calcaneus.

Sesuai dengan catatan yang ada, penggunaan nama Achilles dimulai pada 1693 oleh ahli anatomi Belanda, Philip Verheyen. Pada karangannya Corporis Humani Anatomia, bab XV, halaman 328, ia menggambarkan letak tendon tersebut dan disebutnya “korda Achilles” (“quae vulgo dicitur corda Achillis“).

Nama Achilles berasal dari tokoh mitologiYunani. Ibunya, dewi Thetis, mendapatkan nujuman tentang kematian anaknya. Kemudian ia memandikan Achilles di sungai, supaya anaknya terlindungi dari bahaya dan kebal. Saat memandikan, dewi Thetis terus memegangi tumit Achilles. Saat perang Troya, Achilles tewas karena bagian tumitnya yang tidak kebal itu oleh anak panah beracun.

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source https://indoartnow.com/artists/jumaldi-alfi https://indoartnow.com/uploads/artwork/image/8291/artwork-1398924732.jpg https://id.m.wikipedia.org/wiki/Tendon_Achilles
Comments
Loading...