Lukisan “Ada Noda di Kakiku (Stain in My Sole)” Karya Suprobo

Ada Noda di Kakiku (Stain in My Sole) - Suprobo
0 7.365

Lukisan “Ada Noda di Kakiku (Stain in My Sole)” merupakan salah satu karya perupa seni lukis Indonesia, Suprobo

Ada Noda di Kakiku (Stain in My Sole) – Suprobo
  • Pelukis : Suprobo
  • Judul : “Ada Noda di Kakiku (Stain in My Sole)”
  • Tahun : 2010
  • Media : Oil on Canvas
  • Ukuran : 150 cm x 270 cm

Deskripsi Lukisan “Ada Noda di Kakiku (Stain in My Sole)”

Lukisan ini merupakan lukisan dengan gaya realisme. Dengan teknik melukis menggunakan media cat minyak di atas kanvas.

Dalam setiap lukisannya, Suprobo banyak menampilkan objek lukisan berupa manusia, terutama remaja dan anak-anak karena Suprobo menilai tingkah laku mereka mempunyai nilai artistik. Lukisan-lukisan Suprobo tersebut menggambarkan berbagai perilaku manusia yang dituangkan di atas kanvas besar yang menyisakan bidang kosong luas melingkupi objeknya. Menurut Suprobo, dengan bidang kosong yang luas pada kanvas, perhatian orang jadi terfokus pada objek lukisan. Kekosongan itu juga membuat objek seakan mengambang dan terlihat lebih unik. Lukisan Suprobo yang minimalis banyak digunakan untuk rumah bergaya modern simpel yang saat ini digandrungi orang kota. Dari sisi gaya, Suprobo mirip pelukis Dede Eri Supria, namun bedanya Suprobo banyak mengangkat masalah sosial urban.

Tema Lukisan

Dalam pembuatan karyanya Suprobo sering mengangkat masalah tentang sosial urban dimana sekarang budaya urban banyak terjadi apalagi di daerah perkotaan. Budaya urban ialah wujud dari cara berpikir, cara merasa, dan cara bertindak manusia urban di tengah konstelasi kehidupan kota masyarakat modern. Fenomena urban pada hakikatnya terkait erat dengan persoalan tradisi dan modernitas. Masyarakat urban identik dengan industrialisasi dan konsumsi gaya hidup telah menyuburkan keberadaan anggota masyarakat modern atau sosialita.

Lukisan Suprobo dibuat untuk mengisi dan menghiasi interior rumah. Gaya lukisannya yang minimalis cocok untuk rumah bergaya modern simpel yang saat ini disukai orang kota. Lukisan sekarang ini makin lazim mengisi interior rumah kaum menengah dan menengah atas urban.  Menurut Suprobo, selain pajangan, lukisan juga dapat menjadi investasi sekaligus gengsi. Oleh karena sasaran Suprobo adalah masyarakat menengah dan menengah atas urban, maka lukisan Suprobo juga dibuat agar lebih mudah dicerna sehingga banyak dikoleksi kaum urban. Hal-hal tersebut tampaknya yang mempengaruhi dan menjadikan gaya lukisan Suprobo menjadi seperti ini sekarang ini.

Teknik Lukisan

Suprobo menggunakan teknik plakat dalam pembuatan karyanya ini, seperti lukisan-lukisannya yang lain. Lukisan karyanya menggunakan sapuan-sapuan kuas yang halus dengan pendekatan gaya realis minimalis. Dengan subject matter yang diletakkan di seperempat bagian kanvas, lukisan-lukisannya membentuk keseimbangan asimetris. Selain menggunakan pendekatan gaya realis minimalis, Suprobo menggunakan pendekatan simbolik dalam visualisasi karyanya. Warna-warna yang digunakan juga merupakan karakteristik dari lukisan Suprobo dimana ada bagian warna yang dibuat mencolok dari warna dominan seperti warna pada lilin yang terlihat lebih cerah disbanding warna lainnya.

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source http://www.artnet.com http://www.artnet.com/artists/suprobo/ http://wiridiannisa.blogspot.com/2015/12/kritik-holistik.html
Comments
Loading...