Lukisan “Aku Separuh” Karya Trie Utami

Aku Separuh - Trie Utami
0 6.371

Lukisan “Aku Separuh” merupakan salah satu karya perupa seni lukis Indonesia, Trie Utami.

Aku Separuh – Trie Utami
  • Pelukis : Tri Utami
  • Judul : “Aku Separuh”
  • Tahun : 2000
  • Media : Pencil on Paper
  • Ukuran : 37 cm x 27 cm

Deskripsi Lukisan “Aku Separuh”

Lukisan ini merupakan lukisan dengan gaya pop art, kontemporer. Dengan teknik melukis menggunakan media pensil di atas kertas. Trie didukung oleh ‘alam’ yang menuntunnya untuk berkarya menyerap inti kehidupan nyata yang ada disekelilingnya. Tanpa berpikir berat, tanpa melihat terlalu jauh dan tanpa merancang hal rumit, ia justru menemukan inspirasi sederhana yang bernilai tinggi dan mencerminkan perasaan di dalam lubuk hatinya.

Latar Belakang

Trie Utami adalah seorang seniman kelahiran Bandung, 8 Januari 1968. Ia lebih dikenal sebagai seorang penyanyi dan pencipta lagu yang memulai kariernya sejak awal 1990-an. Namun setelah lama tidak terdengar di dunia tarik suara, ia kini muncul sebagai seorang perupa, khususnya seni lukis. Pada Maret 2018 bersama Nasirun, seorang pelukis kawakan asal Yogyakarta, ia menggelar pameran berjudul Dwi Rupa Bumi di Jogja Gallery.

Musik dan media kanvas baginya sama-sama memberikan kebebasan. Hanya proses kreatifnya yang berbeda. Melukis baginya adalah ruang sunyinya.

Konsep Lukisan

Konsistensi mengharumkan nama bangsa Indonesia di percaturan seni musik dan senirupa. Tak ada tujuan dan konsep apapun mengenai lukisan karya Trie Utami.

Ternyata justru karena ‘tidak dipikir’ maka terlahirlah hal baru bagi Trie Utami yang diharapkan dapat menjadipenyemangat dan inspirasi dalam seni rupa secara luas.

Menurut Trie, lukisan sebenarnya rekaman suaranya di dalam sunyi, dengan syair warna dari progresi harmoni peristiwa. Seolah mendengarkan improvisasi sepi dalam riuh rendah terpukau yang teramat hening.

Bagi Trie, melukis dan menyanyi adalah bentuk meditatif. Musik maupun melukis sama-sama menuai sensasi tersendiri. Dengan penuh kemerdekaan berekspresi, tanpa ada tekanan-tekanan lain yang memengaruhi proses karyanya.

Hampir semua karya Trie mencerminkan perasaan terdalamnya. Hanya satu karya yang terkait dengan musik. Lukisan berjudul ‘Senyawa’ di ambil dari salah satunya judul Grup Krakatau yang ceritakan tentang menyatunya manusia dan alam. 

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source http://archive.ivaa-online.org http://archive.ivaa-online.org/pelakuseni/trie-utami-1 https://sinergi.radarmalang.id/pameran-luisan-seni-lukis-seni-rupa-pameran-trie-utami-seni-musik-radar-jogja-2/
Comments
Loading...