Lukisan “Al Buruuj Ayat 1” Karya Agus “Baqul” Purnomo

Al Buruuj Ayat 1 - Agus "Baqul" Purnomo
0 6.315

Lukisan “Al Buruuj Ayat 1” merupakan salah satu karya perupa seni lukis Indonesia, Agus “Baqul” Purnomo.

Al Buruuj Ayat 1 – Agus “Baqul” Purnomo

 

  • Pelukis : Agus “Baqul” Purnomo
  • Judul : “Al Buruuj Ayat 1
  • Tahun : 2011
  • Media : Acrylic on Canvas
  • Ukuran : 200 cm x 145 cm

Deskripsi Lukisan “Al Buruuj Ayat 1”

Lukisan ini merupakan lukisan dengan gaya kaligrafi, abstrak, kontemporer. Dengan teknik melukis menggunakan media cat akrilik di atas kanvas.

Agus “Baqul” mengajak penonton untuk menekuni jalan yang sudah dilaluinya, menyelami pikiran dan cara pandangnya, serta menakar ulang eksplorasinya secara lebih mendalam.

Karakteristik Karya

Karya Agus “Baqul” Purnomo saat ini adalah hasil dari ketekunannya dalam mengeksplorasi komposisi maupun teknik dari lukisan abstrak yang dipilihnya.

Dalam lukisannya, Agus menggoreskan berbagai warna di kanvas secara acak dan mengungkapkan emosinya dengan menulis angka-angka saling bertumpang tindih.

Yang menarik dari setiap karyanya adalah bagaimana kaligrafi tulisan Arab yang biasanya terlihat sangat geometris diberi sentuhan segar dari tangan ajaib Agus Baqul Purnomo. Tulisan ayat-ayat Al-Quran seperti surat Al-Fatihah terlihat keluar pakemnya, karena ditulis bertumpuk dengan menggunakan garis spontan.

Namun yang perlu digaris bawahi, walaupun keluar dari pakemnya, Agus Baqul Purnomo memastikan ia menulis ayat tersebut dengan hati-hati, tidak ada tanda baca yang terlewat. Karena bagaimanapun juga, seniman yang aktif mengikuti kegiatan berbau agama sejak kecil ini meyakini, bahwa Al-Quran merupakan teks dari Al-Kholiq dan sebagai manusia, ia bertugas untuk menyampaikan secara tepat informasi yang ada di dalam teks tersebut, tidak boleh mengurangi atau menambahkan walaupun untuk alasan estetika sekalipun.

Ia mengibaratkan karirnya seperti layaknya dalam sebuah perjalanan, ia berada di tengah-tengah. Mengingat apa yang sudah pernah dilalui, menjalani apa yang sedang berlangsung dan maju terus untuk mencapai ke tujuan yang ia impikan.

Menurut Agus “Baqul” Purnomo, kita hidup dalam kompleksitas yang tak bisa lagi dijangkau dengan kategorisasi apapun. Setiap entitas tumbuh dalam otonomi yang mengarah keterasingan. Setiap entitas memiliki identitasnya sendiri (angka-angka yang berdiri sendiri secara acak). Identifikasi acak ini ditekankan ulang melalui lukisan Garis horizontal hitam  yang samar tapi membelah secara  samar.  Intinya kebersatuan adalah ilusi, kita tumbuh secara otonom tapi kita tak mungkin berkembang dalam kebersamaan.

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source https://indoartnow.com https://indoartnow.com/artists/agus-baqul-purnomo https://koranyogya.com/menengok-perjalanan-kaligrafi-kontemporer-dan-masa-depan-agus-baqul-purnomo/
Comments
Loading...