Lukisan “All That Glitters is Not Gold (Alexander McQueen)” Karya monica Hapsari

All That Glitters is Not Gold (Alexander McQueen) - Monica Hapsari
0 5.542

Lukisan “All That Glitters is Not Gold (Alexander McQueen)” merupakan salah satu karya perupa seni lukis Indonesia, Monica Hapsari.

All That Glitters is Not Gold (Alexander McQueen) – Monica Hapsari
  • Pelukis : Monica Hapsari
  • Judul : “All That Glitters is Not Gold (Alexander McQueen)”
  • Tahun : 2010
  • Media : Charcoal and Acrylic on Canvas
  • Ukuran : 100 cm x 150 cm

Deskripsi Lukisan “All That Glitters is Not Gold (Alexander McQueen)”

Lukisan ini merupakan lukisan dengan gaya kontemporer, grafis. Dengan teknik melukis menggunakan media cat akrilik dan arang diatas kanvas. Bagi Monica Hapsari inti dari seni adalah cara bercerita. Isi dan bagaimana cerita itu disampaikan tergantung kematangan dari si pencerita. Biasanya Monic ‘bercerita’ tentang kehidupan sekitarnya. Beberapa karyanya bercerita soal fashion, masyarakat yang konsumtif, dan lainnya.

Perjalanan Karier

Monica adalah seniman yang besar dari keluarga akuntan yang konvensional. Keluarga Monica tidak tahu bahwa seni bisa dijadikan lahan profesi. Ketika Monica diterima di Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) ITB, ibunya sangat tidak setuju. Hingga saat ini orang tuanya masih sedih dengan apa yang dilakukannya, mereka ingin Monica bekerja kantoran yang jelas seperti ketiga kakaknya yang menjadi akuntan dan pegawai negeri. Keresahan merupakan emosi yang menginspirasi Monica dalam berkarya. Rasa resah itu muncul melalui dirinya dan juga interaksinya dengan orang–orang di sekitar dan segala benturan di dalamnya. Rasa resah adalah bensin yang membuat Monica terus berkarya. Monica Hapsari termasuk pelukis wanita Indonesia muda dan bertalenta. Selain melukis dengan tangan, ia juga jago menggambar ilustrasi dengan grafis. Karya grafisnya pernah menyabet penghargaan bergengsi “7 Asia Media Award” di Macau untuk kategori “Desain dan Ilustrasi Terbaik untuk Majalah”. Sebelum menekuni dunia lukisan, Monica Hapsari bekerja sebagai illustrator dan penata busana wanita.

Teknik Lukisan

Dalam berkarya, Monica kerap menggabungkan ilustrasi dengan kerajinan tangan. Dia biasa menggunakan cat air, charcoal, bordir, dan material tekstil lainnya seperti kain, kancing, dan benang.

Untuk karya kontemporernya, proses pembuatannya juga jauh lebih lama dari karya-karya pop-nya. Di mulai dari sketsa besar-besar, mengeksplor benang sulamnya, memikirkan jalur perpindahan benangnya, hingga menggunakan teknologi.

Media Promosi Karya

Meski termasuk salah satu seniman yang tumbuh dengan proses pembelajaran ala seniman era lama, yang melalui berbagai terpaan mental dan proses kurasi panjang, ia tak lantas memperkenalkan karyanya dengan cara konvensional. Instagram adalah media yang ia pakai. Baginya, medium itu masih ia anggap paling efektif untuk memperlihatkan karya visual, yang bisa dinikmati berbagai kalangan.

Bicara soal media dan tanggapan orang tentang karyanya, ia tak pernah ambil pusing. Menurutnya, setiap seniman tidak akan tahu tentang bagaimana respon masyarakat, sebelum karyanya benar-benar diluncurkan. Dan saat karya itu dipamerkan, tak peduli berapa banyak yang suka atau tidak, penikmatnya akan terseleksi.

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source https://indoartnow.com https://indoartnow.com/artists/monica-hapsari http://crafters.getcraft.com/id/monica-hapsari/
Comments
Loading...