Lukisan “Anak-anak Irian dan Coca-Cola” Karya Srihadi Soedarsono

Siratan makna mendalam sebuah lukisan

Karya Srihadi Soedarsono
0 3.235

Lukisan Anak-anak Irian dan Coca-Cola merupakan salah satu karya Srihadi Soedarsono. Tak hanya kritik terhadap pemerintah, Srihadi juga menanggapi perubahan budaya dan teknologi yang terjadi di Indonesia kurun waktu tahun 1970-an.

  • Pelukis : Srihadi Soedarsono
  • Judul : ” Anak-anak Irian dan Coca-Cola”
  • Tahun : 1974
  • Media : Pastel, Paper
Deskripsi Lukisan Anak-anak Irian dan Coca-Cola

Karya di media kertas ini merupakan cara lain Srihadi (84 tahun) mengekspresikan rasa cintanya pada tanah air. Melalui proses kesadaran, logika rasa, dan pengalaman spiritual, semua terangkum dalam karyanya.

Lukisan ini menggambarkan sebuah situasi menyedihkan secara sosio-kultural terjadi di Tanah Papua (kala itu namanya Irian Barat).

Ia ingin menyampaikan pesan bahwa tercerabutnya masyarakat dari budaya aslinya secara mendadak akan mengakibatkan kebingungan sosial. Selain pengaruh pada manusia, juga pada alam. Lukisan Sawah dan Traktor, Heli dan Hutan, dan Tanker yang dibuat pada tahun 1974 menceritakan tentang teknologi tinggi yang masuk ke dalam hutan rimba, sebuah realitas bahwa teknologi modern akan merusak alam apabila tidak diperlakukan secara benar dan baik.

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source Informasi Lukisan Indonesia Membaca Sejarah Melalui Media Kertas
Comments
Loading...