Lukisan “Angsa” (Kartika Affandi)

Angsa - Kartika Affandi
0 1.554

Lukisan Angsa merupakan salah satu karya perupa seni lukis Indonesia, Kartika Affandi.

Angsa – Kartika Affandi
  • Pelukis : Kartika Affandi
  • Judul : “Angsa”
  • Tahun : 2001
  • Media : Oil On Canvas
  • Ukuran :  cm x  cm

Deskripsi Lukisan Angsa

Lukisan ini merupakan lukisan dengan gaya abstrak, ekspressionisme dan realisme. Dengan teknik melukis menggunakan media cat minyak di atas kanvas.

Lukisan ini menggambarkan sekumpulan Angsa. Esensi dari lukisan ini terletak pada spontanitas yang kuat dan merupakan suatu kreasi yang terdiri dari susunan garis, bentuk dan warna yang terlepas dari bentuk-bentuk yang ada di alam.

Makna Lukisan Secara Global

Kartika Affandi adalah salah satu dari sekelompok kecil wanita yang dari pertengahan tahun 1980-an telah berhasil memamerkan karyanya secara teratur dan telah memperoleh pengakuan dari berbagai kalangan termasuk pengamat seni dan kurator. Bahkan dalam konteks ini, seni Kartika muncul sebagai sesuatu yang unik, mulai seperti halnya dari konvensional ke subversif.

Mengikuti jejak populis Affandi, Kartika juga memiliki sejarah panjang mengenai tema-tema lukisannya seperti masyarakat pedesaan, nelayan, petani, buruh dan pengemis. Saat melukis, dia berinteraksi langsung dengan model nya, kemudian saling bertukar pengalaman, cerita dan kisah kehidupan.

Narasi lukisannya bila dilihat dari dekat larut dengan kedalaman yang kuat, kesan abstrak dalam plototan serta goresan cat minyak penuh semangat.

Bila kita perhatikan karya-karya Kartika Affandi, dengan jelas terlihat nafas kehidupan di dalamnya. Sebagai contoh karyanya “Rebirth” dan “The Beginning”. Rebirt menggambarkan sosok tubuh seorang perempuan yang telanjang dalam posisi terletang, sementara dari dalam rahimnya mencuat kepala Kartika sampai ke bahu dengan ekspresi yang mengenaskan. Dari beberapa karyanya, kita bisa mengambil  kesimpulan bahwa “kehidupan” menjadi tema pokok dalam karya Kartika. Atau dengan kata lain, Kartika mengangkat tema kehidupan sebagai tema sentral karyanya.

Kartika kini telah menjadi wanita Indonesia yang membuat terobosan baru, mematahkan batas-batas budaya, menjalani kehidupannya dengan caranya sendiri, berkelana kemana saja, kadang kala menentang kebiasaan dan pada saat yang sama ia memenuhi kewajibannya terhadap keluarganya.

Seperti halnya Frida Karlo dari Mexico, Kartika melukiskan diari visual mengenai kehidupannya – kesenangan dan kepedihan. Ia adalah seorang inspirasional, baik sebagai seniman maupun sebagai wanita.

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source http://lelang-lukisanmaestro.blogspot.co.id/ https://3.bp.blogspot.com/-VH56UdksDm8/WKsRS52J1uI/AAAAAAAAgZ0/sR7W-MajZ8wugIj_RSD92R97Z_W0OULNgCLcB/s1600/Angsa%2Bkarya%2BKartika%2BAffandi%252C%2B2001.jpg http://www.academia.edu/17836248/kajian_estetika_terhadap_karya_kartika_affandi
Comments
Loading...