Lukisan “Ars Longa” (Jumaldi Alfi)

Ars Longa - Jumaldi Alfi
0 2.499

Lukisan Ars Longa merupakan beberapa tema karya perupa seni lukis Indonesia, Jumaldi Alfi.

Ars Longa – Jumaldi Alfi
  • Pelukis : Jumaldi Alfi
  • Judul : “Ars Longa”
  • Tahun : 2015
  • Media : Acrylic On Canvas
  • Ukuran : 145 cm x 150 cm

Deskripsi Lukisan Ars Longa

Lukisan ini merupakan lukisan dengan gaya abstrak ekspresionisme. Teknik pengecatan lukisan menggunakan bahan akrilik di atas kanvas. Lukisan ini menggambarkan tentang seni tak akan pernah mati.

Makna Lukisan

Dalam bahasa latin, Ars longa berarti seni itu panjang dalam artian terus berkembang dan tak akan pernah mati.

Menapaki seni, seperti menapaki jalan tanpa batas, seperti berada pada tempat yang tidak dibatasi oleh ruang, bahkan waktu. Seni seakan menjadi kumpulan sejarah, gambaran masa kini, dan visualisasi masa depan tanpa tanding. Semakin diteliti, semakin dalam pula hal yang perlu untuk diketahui. Barier (pembatas) seakan menjadi tabu, karena seni bukanlah sekedar imajinasi.

Berbicara mengenai seni pasti tidak ada habisnya. Membicarakan hal ini seperti berlompatan di antara dinding-dinding analogi, wacana, serta rasa. Seni, entah dalam bentuk apapun. Akan menjadi bagian yang melengkapi hidup. Baik itu lukisan, patung, foto, benda-benda antik, dan sebagainya. Dan berbicara dengan orang yang mengerti seni, akan menjadi pecutan sadis bagi mereka yang tidak sensitif.

Bagi orang seni, sebuah benda memang bukan hanya sekedar benda. Setiap hal yang ada di muka bumi adalah bagian dari rangkaian hidup semesta yang memiliki arti dan fungsi. Dan setiap benda juga merupakan terobosan-terobosan pada jamannya. Terobosan yang menjadi langlah untuk berkembang menjadi terobosan-terobosan yang lebih baru.

Seni adalah gambaran hidup itu sendiri. Gambaran hidup dengan media yang amat berbeda. Akan tetapi ia paralel dengan dunia itu. Kerumitan seni menggambarkan kerumitan hidup, keindahan seni juga merepresentasikan keindahan dunia. Suatu karya seni dibuat bukan hanya untuk dinikmati oleh si seniman, tetapi juga harus bisa dinikmati oleh orang lain yang melihatnya. Begitu juga dengan hidup. Hidup bukan hanya sekedar dijalani dan nikmati. Akan tetapi, dalam hidup juga ada tanggung jawab terhadap lingkungan.

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source https://indoartnow.com/artists/jumaldi-alfi https://indoartnow.com/uploads/artwork/image/18915/artwork-1448432202.jpg http://69magazine.blogspot.co.id/2009/02/seni-tak-akan-pernah-mati.html?m=1
Comments
Loading...