Lukisan “Ars Longa, Vita Brevis #4” (Jumaldi Alfi)

Ars Longa, Vita Brevis #4 - Jumaldi Alfi
0 2.509

Lukisan Ars Longa, Vita Brevis #4 merupakan beberapa tema karya perupa seni lukis Indonesia, Jumaldi Alfi.

Ars Longa, Vita Brevis #4 – Jumaldi Alfi
  • Pelukis : Jumaldi Alfi
  • Judul : “Ars Longa, Vita Brevis #4″
  • Tahun : 2014
  • Media : Acrylic On Canvas
  • Ukuran : 250 cm x 175 cm

Deskripsi Lukisan Ars Longa, Vita Brevis #4

Lukisan ini merupakan lukisan dengan gaya abstrak ekspresionisme. Teknik pengecatan lukisan menggunakan bahan akrilik di atas kanvas. Lukisan ini menggambarkan tentang seni itu tak akan mati, hidup itu singkat.

Makna Lukisan

Ars Longa, Vita Brevis, ini adalah kalimat dari Hippocrates, seorang dokter di masa Yunani kuno yang terkenal sebagai Father of Medicine dan Hippocrates’s Oath-nya [self toyor].

Hidup, “kehidupan dijalani oleh seseorang”, “jalan hidup”, “tingkat kehidupan”. Kehidupan manusia diukur dari kelahiran hingga kematian.

Hippocrates di sini mengatakan, hidup itu terlalu singkat.

Seni, apapun membutuhkan penggunaan tangan, sistem pengetahuan, sesuatu yang kita sebut sains. Konsep yang hebat dan tak terbatas, membutuhkan perjalanan yang sangat panjang untuk memahami segala hal. Seni sangat besar bila dibandingkan dengan kecilnya kehidupan. Selama kita hidup, kita tidak akan pernah kehabisan belajar sains [seni].

Ternyata kalimat ‘ars longa, vita brevis’ ini memiliki makna yang dalam. Bahkan kalimat ini tidak hanya diterapkan di dalam dunia kedokteran. Semua ilmu adalah seni. Seni tentang bagaimana kita belajar sesuatu dan menemukan hal baru.

Seni adalah gambaran hidup itu sendiri. Gambaran hidup dengan media yang amat berbeda. Akan tetapi ia paralel dengan dunia itu. Kerumitan seni menggambarkan kerumitan hidup, keindahan seni juga merepresentasikan keindahan dunia. Suatu karya seni dibuat bukan hanya untuk dinikmati oleh si seniman, tetapi juga harus bisa dinikmati oleh orang lain yang melihatnya. Begitu juga dengan hidup. Hidup bukan hanya sekedar dijalani dan nikmati. Akan tetapi, dalam hidup juga ada tanggung jawab terhadap lingkungan.

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source https://indoartnow.com/artists/jumaldi-alfi https://indoartnow.com/uploads/artwork/image/13294/artwork-1400572425.jpg https://noichil.wordpress.com/tag/quote/
Comments
Loading...