Lukisan “Artwork 1441858732” Karya Theo Frids Hutabarat

Artwork 1441858732 - Theo Frids Hutabarat
0 7.311

Lukisan “Artwork 1441858732” merupakan salah satu karya perupa seni lukis Indonesia, Theo Frids Hutabarat.

Artwork 1441858732 – Theo Frids Hutabarat
  • Pelukis : Theo Frids Hutabarat
  • Judul : “Artwork 1441858732”
  • Tahun :
  • Media : Oil on Canvas
  • Ukuran :  cm x  cm

Deskripsi Lukisan “Artwork 1441858732”

Lukisan ini merupakan lukisan dengan gaya kontemporer. Dengan teknik melukis menggunakan media cat minyak di atas kanvas. Lukisan ini menggambarkan pelukis yang sedang melukis figur pria sedang berlari.

Tema dan Objek Lukisan

Tertarik pada persoalan di sekitar penciptaan seni lukis, kanvas, sketsa, ide, referensi, dan originalitas adalah beberapa kata kunci dalam kekaryaan Theo. Selama masa studinya, ia menemukan minat pada persoalan di sekitar proses penciptaan karya lukis yang kemudian diwujudkan dalam karya-karya lukisan yang menampilkan seorang pelukis yang sedang men-trace karya-karya pelukis lain melalui bantuan proyeksi, sebuah insepsi menarik yang menyoal referensi dan originalitas dalam dunia yang ia geluti.

Pada lukisan-lukisannya terdahulu, Theo Frids Hutabarat (lahir di Jakarta, 1987) memproyeksikan citraan karya seniman yang menginspirasinya pada tubuhnya sendiri dan kanvas yang sedang ia lukis. Pada lukisan-lukisan itu Theo menghadirkan dirinya sendiri saat sedang melukis. Secara gagasan, Theo ingin memperlihatkan pandangan dan persepsinya mengenai praktek seni lukis yang ia jalani, yaitu sebuah praktek dengan sejarah panjang yang dibentuk oleh nama-nama pelukis serta lukisan-lukisan yang mereka ciptakan. Dalam lukisannya, Theo mengandaikan dirinya berdialog dengan fragmen sejarah ini sembari mencari identitas kekaryaannya sendiri.

Teknik Lukisan

Sejak masuk Studio Seni Lukis FSRD-ITB, Theo menghabiskan banyak waktu di dalam studio dan melakukan eksperimentasi dalam melukis. Menjelang tugas akhir, ia menyadari potensi dari proyektor dalam membantu membuat lukisan, misalnya untuk memperbesar gambar agar bisa di-trace ke atas kanvas. Dari situ Theo mulai menggunakan proyeksi dalam setiap karyanya.

Lukisan-lukisan Theo merupakan akumulasi dari sapuan dan penghapusan atau koreksi atas imej yang hadir di atas kanvas, sampai akhirnya cat-cat di atas kanvas itu akan mengering tanpa mampu diintervensi lagi. Theo pun berkesimpulan bahwa seni lukis menjadi wahana baginya untuk terus menguji dan menjernihkan persepsinya akan sesuatu, dalam hal ini praktik seni lukis kontemporer.

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source https://indoartnow.com/ https://indoartnow.com/artists/theo-frids-hutabarat http://jogjacontemporary.net/exhibitions/84/karyawisata/?a=theo-frids-hutabarat
Comments
Loading...