Lukisan “Ayo Lari” Karya Suraji

Ayo Lari - Suraji
0 3.343

Lukisan “Ayo Lari” merupakan salah satu karya perupa seni lukis Indonesia, Suraji.

Ayo Lari – Suraji
  • Pelukis : Suraji
  • Judul : “Ayo Lari”
  • Tahun : 2014
  • Media : Oil and Acrylic  on Canvas
  • Ukuran : cm x cm

Deskripsi Lukisan “Ayo Lari”

Lukisan ini merupakan lukisan dengan gaya kontemporer, realisme. Dengan teknik melukis menggunakan media cat minyak dan cat akrilik  di atas kanvas.

Kebanyakan karya-karya Suraji mengangkat tema-tema sosial yang tidak asing bagi telinga manusia. Berangkat dari kekesalan terhadap korupsi yang merajalela di Indonesia, ia kemudian menjadikan hal itu sebagai inspirasi baginya untuk terus berkarya. Figur seperti singa, tikus, serigala, dan macan melambangkan berbagai pelaku korupsi dengan segala keserakahannya.

Dalam proses perwujudan karyanya, Suraji menampilkan hasil dari pengungkapan ide atau gagasan yang memvisualisasi figur binatang dalam imajinasi rupa. Berhubungan dengan itu, simbol adalah barang atau pola yang apapun sebabnya, bekerja dan berpengaruh pada manusia melampaui pengaruh tentang apa yang disajikan secara tertata dalam bentuk yang diberikan.

Teknik dan Warna Lukisan

Aspek idioplastis adalah ide atau gagasan, pengalaman, emosi fantasi. Faktor inilah yang mendasari karya-karya seni lukis Suraji. Aspek idioplastis yang terkandung pada karya-karyanya adalah simbol binatang seperti tikus sebagai sifat rakus dari manusia, dari itu pencipta terinspirasi untuk memvisualkannya kedalam karya seni lukis, dengan maksud menggelitik hati masyarakat agar bisa mengendalikan nafsu atau sifat rakus di dalam diri manusia guna terciptanya kehidupan yang lebih harmonis.

Tikus dalam imajinasi karya Suraji divisualisasi melalui beberapa perwujudan seperti; Perwujudan karakter yang bertujuan memberikan ciri tertentu pada objek lukisan, yakni bagaimana cara menampilkan objek tikus sebagai simbol kerakusan pada diri manusia.

Perwujudan kesan bertujuan untuk mewujudkan suasana tertentu pada setiap karya Suraji yang dibuat. Melalui warna-warna yang digunakan, objek yang dilukis, dan tehnik yang diterapkan pada proses berkarya, mampu diolah secara maksimal. Warna-warna yang ditampilkan pada objek tikus yakni warna yang berusaha menyerupai warna aslinya walaupun bentuk dari tikus di beberapa karya sudah dirubah menjadi bentuk topeng, tapi tidak meninggalkan karakter tikus itu sendiri.

Teknik dusel merupakan cara melukis yang dicapai dengan sapuan kuas yang rata, dengan cara memutar-mutar kuas pada susunan warna. Dari uraian tentang teknik tersebut, pencipta lebih banyak menggunakan teknik dusel, untuk bertujuan mencapai perpaduan warna yang merata pada karya itu sendiri.

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source https://indoartnow.com/ https://indoartnow.com/artists/suraji https://docplayer.info/33418430-Skrip-karya-seni-tikus-dalam-imajinasi-rupa.html
Comments
Loading...