Lukisan “Bali Dance” (Irnal Sugama)

Bali Dance - Irnal Sugama
0 4.499

Lukisan Bali Dance merupakan salah satu karya perupa seni lukis Indonesia, Irnal Sugama.

Bali Dance – Irnal Sugama
  • Pelukis  : Irnal Sugama
  • Judul : “Bali Dance”
  • Ukuran  : 8 H x 5 W x 1 in
  • Tahun  :  2016
  • Media : Watercolor, Charcoal on Paper

Deskripsi Lukisan Bali Dance

Lukisan ini merupakan lukisan dengan gaya ekspresionisme. Teknik pengecatan lukisan menggunakan cat warna dan bahan lain di atas kertas. Lukisan ini menggambarkan tentang tarian Bali.

Makna Lukisan

Bali terkenal akan ragam budayanya, salah satunya adalah tarian tradisional. Tarian bagi masyarakat Bali merupakan salah satu wujud budaya yang sering diperagakan dalam tatanan masyarakat mereka sebagai wujud ekspresi diri dan tujuan tertentu.

Bali yang dikenal sebagai Pulau Dewata sebagai sebutannya, memang dikenal memiliki aneka ragam tarian.

Tari Bali tidak selalu bergantung pada alur cerita.[1] Tujuan utama penari Bali adalah untuk menarikan tiap tahap gerakan dan rangkaian dengan ekspresi penuh.[1]Kecantikan tari Bali tampak pada gerakan-gerakan yang abstrak dan indah.[1] Tari-tari Bali yang paling dikenal antara lain pendetgaborbarissanghyang dan legong.[1]

Tari Bali sebagian besar bermakna religius.[2]Sejak tahun 1950-an, dengan perkembangan pariwisata yang pesat, beberapa tarian telah ditampilkan pada kegiatan-kegiatan di luar keagamaan dengan beberapa modifikasi.

Tari Bali dapat dikategorikan menjadi tiga jenis, wali (sakral) atau bebali (upacara) dan balih-balihan (hiburan).[1] Tari wali dan bebali dapat ditarikan di tempat dan waktu tertentu.[1] Tari wali dipentaskan di halaman bagian dalam pura dan tari bebali di halaman tengah (jaba tengah).[1] Sebaliknya tari balih-balihan ditarikan di halaman luar pura (jaba sisi) dalam acara yang bersifat hiburan.

Di Bali, topeng dianggap sakral, seperti topeng barong ket (singa), barong macan, (harimau), barong bangkal (babi hutan), barong lembu(banteng) dan barong landung (raksasa). Menarikan tari topeng dilakukan untuk memainkan kisah kehidupan nenek moyang, kisah Ramayana atau riwayat sejarah.

Tari topeng yang terkenal antara lain Topeng Pajegan. Tari ini dipentaskan pada saat upacara akil balig (metatah), pernikahan, dan perayaan di dalam pura. Cerita Topeng Pajegan didasarkan dari Babad Bali yang menceritakan kisah raja-raja Bali dan menteri-menterinya.

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source Saatchiart.com https://www.saatchiart.com/art/Drawing-Bali-Dance/890191/3257025/view https://id.m.wikipedia.org/wiki/Tari_Bali
Comments
Loading...