Lukisan “Ballet” (Arya Sukapura Putra)

Ballet - Arya Sukapura Putra
0 3.770

Lukisan Ballet merupakan beberapa tema karya perupa seni lukis Indonesia, Arya Sukapura Putra.

Ballet – Arya Sukapura Putra
  • Pelukis : Arya Sukapura Putra
  • Judul : “Ballet”
  • Tahun : –
  • Media : Watercolor On Paper
  • Ukuran : 8.3 H x 5.8 W x 0.1 in

Deskripsi Lukisan Ballet

Lukisan nature, abstrak dan minimalis serta mediative dengan cat warna dan bahan lain di atas kertas.

Dalam lukisan ini, pelukis menggambarkan imajinasinya tentang menangkap isyarat, dan gerakan seorang Ballerina yang tampak seperti menari dengan lampu.

Makna Lukisan

Balet adalah nama dari salah satu teknik tarian. Karya tari yang dikoreografi menggunakan teknik ini dinamakan balet, dan meliputi: tarian itu sendiri, mime, akting, dan musik (baik musik orkestra ataupun nyanyian). Balet dapat ditampilkan sendiri atau sebagai bagian dari sebuah opera. Balet terkenal dengan teknik virtuosonya seperti pointe work, grand pas de deux, dan mengangkat kaki tinggi-tinggi. Teknik balet banyak yang mirip dengan teknik anggar, barangkali karena keduanya mulai berkembang dalam periode yang sama, dan juga karena keduanya membutuhkan teknik keseimbangan dan pergerakan yang mirip.

Istilah ballo pertama kali digunakan oleh Domenico da Piacenza (dalam De Arte Saltandi et Choreas Ducendi), sehingga karyanya dikenal sebagai balleti atau balli yang kemudian menjadi ballet. Istilah ballet itu sendiri dicetuskan oleh Balthasar de Beaujoyeulx dalam Ballet Comique de la Royne (1581) yang merupakan ballet comique (drama ballet). Pada tahun yang sama, Fabritio Caroso menerbitkan Il Ballarino, yaitu panduan teknis mengenai menari balet, yang membuat Italia menjadi pusat utama berkembangnya tari balet.

Setiap langkah gerak tari balerina dan danseur memperlihatkan dua insan yang berbahagia dan saling menggoda.

Tarian balet internasional merupakan sebuah kesempatan untuk menyaksikan keindahan, keanggunan, dan kelenturan. Ada kedisiplinan yang terjaga dalam setiap gerakan. Melompat, berjinjit, mengangkat kaki ke atas, melayang di udara. Hal itu terlihat dalam teknik gerakan tangan dan kaki yang sesuai dengan irama. Begitu lentur dan ringan.

Itulah sekilas tentang ballet yang menjadi inspirasi bagi Mohamat Arifin dalam menciptakan karya lukis ini.

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source Saatchiart.com https://www.saatchiart.com/art/Painting-SOLD/93591/1554998/view
Comments
Loading...