Lukisan “Barong and Rangda” (Ida Bagus Made Poleng)

Barong and Rangda - Ida Bagus Made Poleng
0 2.609
  • Pelukis : Ida Bagus Made Poleng
  • Judul : “Barong and Rangda”
  • Tahun :
  • Media : Acrylic On Canvas
  • Ukuran : 47 cm x 37 cm

Deskripsi Lukisan Barong and Rangda

Lukisan ini merupakan lukisan realisme, naturalisme. Dengan teknik melukis menggunakan cat tinta diatas kertas.

Lukisan ini menggambarkan sebuah tarian Bali bernama Barong dan Rangda.

Dalam mitologi Hindu Bali, Rangda merupakan sosok pemimpin bagi kaum leak dalam melawan sosok Barong. Rangda digambarkan sebagai sosok wanita dengan rambut panjang yang kusut masai, mata membelalak, bertaring besar, berkuku panjang, lidah yang menjulur, dan payudara yang panjang.

Secara harfiah, kata “rangda” bermakna janda. Makna ini sesuai asal muasal ceritanya yang mengisahkan Ratu Mahendradatta yang membalas dendam karena diasingkan Raja Dharmodayana. Mantan ratu ini lalu membalaskan sakit hatinya dengan membunuh setengah dari rakyat di kerajaan itu.

Barong dianggap sebagai raja dari roh-roh kebaikan yang ditampilkan sebagai sosok singa bertaring panjang dengan rambut pirang yang lebat. Dalam salah satu mitologinya, Barong digambarkan mendampingi Raja Airlangga, pewaris tahta Raja Dharmodayana, untuk mengalahkan Rangda.

Dalam mitologi yang lain, Barong dan Rangda digambarkan memiliki kekuatan yang berimbang. Keduanya juga dianugerahi keabadian, sehingga terjadi pertarungan yang tak ada habisnya. Karena sama kuat, keduanya terus bertarung tanpa ada salah satu pihak yang kalah. (Sumber : https://www.indonesiakaya.com/jelajah-indonesia/detail/tari-barong-rangda-menghantar-khalayak-awam-memahami-rwa-bhineda).

Makna Lukisan

Lukisan Ida Bagus Made banyak bertemakan kehidupan sehari-hari dalam warna yang kelam dan bentuk anatomi yang khas dan kuat. Ia dikenal sebagai orang yang mempunyai sikap tegas berkepribadian kuat, bicaranya tajam dan kadang ekstrem dalam bersikap. Bagi pelukis yang akrab disapa Gus Made ini, lukisan adalah sebagian dari jiwanya. Baginya seorang pelukis hidup dua kali, pertama di dunia fana, kedua dalam lukisannya. Oleh karena itu ia dikenal sangat mencintai lukisannya dan tidak mau menjual karyanya.

Ida Bagus Poleng dikenal oleh orang Bali sebagai spesialis ritual untuk ukiran topeng sakral dijiwai dengan kekuatan magis untuk kuil sekitarnya Ubud. Sebagai pelukis tradisional dari generasi Pitamaha, ia menjadi dikenal di seluruh dunia untuk penguasaan seninya.

  • karya Ida Bagus Made, dengan obyek pemandangan alam menambah keragaman bentuk sebagai pengimbang komposisi. Sebagai contoh Lukisan Pura Pengukur-ukuran diselesaikan hanya dalam hitam putih dengan teknik aburan yang pekat, tidak diberi warna sebagaimana lukisan lainnya.

Lukisan Ida Bagus Made adalah beberapa contoh terbaik dari sekolah Ubud dari generasi Pitamaha, dan belum dikalahkan oleh pelukis muda. Lukisannya telah diakuisisi oleh lembaga bergengsi di seluruh dunia, termasuk PBB, New York Museum of Modern Art (MOMA), Royal Tropical Institute Museum (Amsterdam) dan Royal Museum Etnografi (Leiden).

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source http://www.artnet.com/ http://www.artnet.com/artists/ida-bagus-made-poleng/barong-and-rangda-VTjReZJaI8vd8aqDY0yyrw2 http://www.bentarabudaya.com/profil-seniman/ida-bagus-made
Comments
Loading...