Lukisan “Batupun Mencair” Karya Afdhal

Batupun Mencair - Afdhal
0 1.251

Lukisan “Batupun Mencair” merupakan salah satu karya perupa seni lukis Indonesia, Afdhal.

Batupun Mencair – Afdhal
  • Pelukis : Afdhal
  • Judul : “Batupun Mencair
  • Tahun : 2008
  • Media : Acrylic on Canvas
  • Ukuran : 170 cm x 140 cm

Deskripsi Lukisan “Batupun Mencair”

Lukisan ini merupakan lukisan dengan gaya kontemporer, surealisme, ekspresionisme. Dengan teknik melukis menggunakan media cat akrilik  di atas kanvas.

Melalui tekstur, bidang, warna kontras, serta goresan, Afdhal memberi ruh visual pada karyanya. Layaknya bertutur dan berimajinasi dengan teknik yang ia gunakan. Walaupun memberi cerita-cerita yang subjektif, tetapi memberi pengertian bahwa karyanya ini memperluas ruang objek serta memberi pengertian baru.

Tema Lukisan

Lukisan Afdhal menggambarkan kerentanan dan tidak signifikannya manusia. Lukisan-lukisannya yang lebih besar berkali-kali menggambarkan binatang-binatang besar dengan gaya surealis, dikelilingi oleh benda-benda matematika yang misterius. Ada garis-garis halus yang mengarah ke benda langit atau hanya membentang di atas sebidang kanvas. Sosok-sosok binatang adalah simbol kekuatan, ditetapkan melawan sosok manusia kecil atau benda yang diciptakan secara lebih kuat. Orang bisa bertanya-tanya siapa yang lebih rentan; sifat manusia.

Karya Afdhal samar-samar menunjukan sekelompok orang yang berpelukan. Persatuan yang ditampilkan lewat figur-figur yang berpelukan, bisa jadi merupakan hal yang dirindukan oleh Afdhal dan banyak orang di ‘zaman now’ ini. Berbagai tebaran kebencian, berita palsu, dan konflik di berbagai lapisan masyarakat, menjadikan persatuan sebagai hal yang mahal.

Karya seni Afdhal mendapatkan lebih banyak pengakuan tidak hanya di Indonesia tetapi juga di luar negeri (Singapura, Belanda, Belgia). Afdhal baru-baru ini juga membuat karya-karya kecil dalam bingkai kayu atau kotak kaca plexi – lagi-lagi menggunakan banyak bahan buatan, seolah-olah untuk menekankan kepalsuan keberadaan manusia saat ini.

Teknik Lukisan

Melalui tekstur, bidang, warna kontras serta goresan, Afdhal memberi ruh visual pada karyanya. Layaknya bertutur dan berimajinasi dengan teknik yang ia gunakan. Walaupun memberi cerita-cerita yang subjektif, tetapi memberi pengertian bahwa karyanya ini memperluas ruang objek serta memberi pengertian baru. Bagaimana objek pelukis memiliki pesan yang ingin disampaikan pada penikmat seni.

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source http://archive.ivaa-online.org/ http://archive.ivaa-online.org/pelakuseni/afdhal-1 https://www.lukisan.nl/afdhal/
Comments
Loading...