Lukisan “Beats and Pieces” Karya Adi Dharma Stereoflow #2

Beats and Pieces - Agus Dharma Stereoflow #2
0 1.250

Lukisan “Beats and Pieces” merupakan salah satu karya perupa seni lukis Indonesia, Adi Dharma Stereoflow.

Beats and Pieces – Agus Dharma Stereoflow #2
  • Pelukis : Adi Dharma Stereoflow
  • Judul : “Beats and Pieces”
  • Tahun : 2017
  • Media : Mixed Media
  • Ukuran : –

Deskripsi Lukisan “Beats and Pieces”

Lukisan ini merupakan lukisan dengan gaya pop art, fine art, kontemporer. Dengan teknik melukis menggunakan media campuran.

Karakteristik Karya

Adi Dharma Stereoflow, adalah seniman yang dikenal memiliki karya dengan elemen bentuk mengalir dan warna-warna cerah yang kontras. Dalam setiap berkarya, Adi terinspirasi oleh musik hip hop sampai funk dari tahun 1980an.

Menengok karya-karya Stereoflow, ia menggunakan berbagai medium dari dua dimensi hingga tiga dimensi seperti kanvas, patung kayu, dan kaca. Cat Semprot serta cat akrilik masih menjadi senjata ampuh baginya untuk mengeksekusi media-media tersebut.

Cat Semprot serta cat akrilik masih menjadi senjata ampuh baginya untuk mengeksekusi media-media tersebut. Stereoflow tidak melepaskan ciri khasnya, penggunaan warna-warna terang seperti pink, biru, kuning, masih dominan.

Warna-warna tersebut kebanyakan dipadukannya dari cat semprot, yang beberapa di antaranya ditambahkan cat akrilik untuk finishing touch.

Objek Lukisan

Objek-objek gelombang, dan pola-pola geometris merupakan representasi Stereoflow terhadap musik hip-hop, dan funk yang telah ia geluti sejak lama. Musik inspirasinya tersebut ia tuangkan ke dalam karya dan membentuk pola-pola yang diterjemahkan menurut intuisi si pembuat.

Reduksi penggunaan karakter Anna&Tommy sendiri ia lakukan demi memberikan nuansa dan kebebasan imajinasi yang lebih luas pada penikmat karyanya. Layaknya musik instrumental yang didengarnya saat membuat karya untuk pameran Beatscape, tidak ada lirik si penyanyi yang mematok imajinasi penikmatnya.

Catatan Kuratorial

Menurut kurator Rifandy Priatna, Adi Dharma adalah seorang seniman yang banyak bekerja dengan menggunakan intuisi sebagai dorongan utamanya. Mimpi, imajinasi, dan identitas adalah tema yang sering kali terdapat pada karya-karya Adi dengan balutan visual yang membawa ingatan akan langgam kubisme era seni rupa modern dari barat dengan warna-warna terang, dan pola yang berulang pada keseluruhan bidangnya.

Melalui instalasi, obje,k dan lukisan Adi mencoba untuk menerjemahkan ingatan, pengalaman, mimpi serta visi akan skema spesifik yang telah ia selami selama ini musik hip-hop, funk dan street art.

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source https://indoartnow.com https://indoartnow.com/artists/adi-dharma-aka-stereoflow https://sarasvati.co.id/uncategorized/08/ketukan-nada-dalam-karya-visual-adi-dharma/
Comments
Loading...