Lukisan “Beautiful Storm” Karya Agni Saraswati

Beautiful Storm - Agni Saraswati
0 1.254

Lukisan “Beautiful Storm” merupakan salah satu karya perupa seni lukis Indonesia, Agni Saraswati.

Beautiful Storm – Agni Saraswati
  • Pelukis : Agni Saraswati
  • Judul : “Beautiful Storm
  • Tahun : 2016
  • Media : Acrylic on Canvas
  • Ukuran : 125 cm x 150 cm

Deskripsi Lukisan “Beautiful Storm”

Lukisan ini merupakan lukisan dengan gaya surealisme, ekspresionisme. Dengan teknik melukis menggunakan media cat akrilik di atas kanvas. 

Sebagai individu yang besar di Yogyakarta, dimana surealisme matang di kota ini corak karya Agni bisa dengan perkembangan lanjut dari surealisme yang ada di Yogya dengan gejala yang berbeda.

Apa yang ditempuh Agni menunjukkan eksplorasi yang memungkinkan dirinya bermain dengan simbol-simbol imajiner.

Karya Agni bisa menjadi jalan psikoanalitiknya. Ia leluasa mengungkapkan berbagai hal yang ia alami, rasakan dengan segala benturan, tekanan, paksaan, dan hukum-hukum kenyataan. Karya-karyanya menjadi sebuah ruang percakapan antara aku yang berhasrat dengan aku yang harus tunduk pada prinsip-prinsip realitas. Dalam tautannya dengan pengalaman psiko-sosial kita, pengalaman psikoanalitik Agni bisa berarti sebuah jeritan atas persoalan psiko-sosial kita. 

Tema Lukisan

Tema yang diangkat dalam lukisan Agni mengkritik kebudayaan Jawa yang memandang lelaki memiliki peran dan kekuasaan yang dominan daripada wanita. Selain itu, ciri khas dari  lukisannya adalah berupa monster. Inspirasi tersebut muncul dari kebiasaannya menyaksikan  film-film horor.

Agni mengartikan seni sebagai sarana berekspresi. Dimana timbul menekankan ekspresi seninya dengan memanfaatkan situasi lingkungan dan hobi. Karya-karya seninya menonjolkan hal-hal yang dekat dengan kehidupan pribadinya. 

Catatan Kuratorial

Menurut kurator A. Sudjud Dartanto, Agni seperti membuat film atas karya-karyanya. Subjek dan objek-objek pada karyanya ditata dengan kesan filmis, dan ini menolongnya untuk mencapai efek-efek dramatis pada tiap lukisannya.

Agni melakukan personifikasi atas subjek dan objek itu sebagai distorsi atas realisme, ini khas praktik surealisme: penggambarannya tidak menunjukkan objek langsung, namun diungkapkan secara simbolik, semacam pengalaman apokaliptik Agni atas imajinasi yang ia lihat dan ia rasakan. Tentu saja fase dimana ia memahami antagonisme sebagai sesuatu yang nyata.

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source https://indoartnow.com https://indoartnow.com/artists/agni-saraswati https://www.tembi.net/2017/03/07/antagonisme-surealis-dalam-karya-agni-saraswati/
Comments
Loading...