Lukisan “Behind a Dialogue#1” Karya Agus Putu Suyadnya

Behind a Dialogue#1 - Agus Putu Suyadnya
0 7.414

Lukisan “Behind a Dialogue#1” merupakan salah satu karya perupa seni lukis Indonesia, Agus Putu Suyadnya.

Behind a Dialogue#1 – Agus Putu Suyadnya
  • Pelukis : Agus Putu Suyadnya
  • Judul : “Behind a Dialogue#1
  • Tahun : 2011
  • Media : Acrylic on Canvas
  • Ukuran : 150 cm x 150 cm

Deskripsi Lukisan “Behind a Dialogue#1”

Lukisan ini merupakan lukisan dengan gaya surealisme, ekspresionisme. Dengan teknik melukis menggunakan cat akrilik di atas kanvas. 

Perjalanan Karir

Agus Putu Suyadnya adalah seorang pelukis yang berasal dari Denpasar, Bali. Lahir pada tanggal 19 Februari 1985. Suyadnya menyelesaikan pendidikannya di Jurusan Seni Murni Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

Karakteristik Lukisan

Agus Putu menunjukkan betapa sebenarnya sifat-sifat heroik (kepahlawanan) dan kerelaan berkorban sangat diperlukan dalam merawat ke-Nusantara-an.

Beberapa karyanya memilih tema “Kebo Iwa”. Suyadnya menuangkan interpretasi idenya atas tokoh Kebo Iwo, yakni tokoh super hero Bali yang memiliki kemampuan spiritualitas tinggi dan menjadi teladan generasi kini dan ke depan dengan caranya sendiri. Sosok Kebo Iwa sering disejajarkan tingkat keilmuan, kesaktian, dan kedalaman spiritualitasnya dengan Mahapatih Gadjah Mada.

Kebo Iwa bagi masyarakat Bali demikian terkenal. Tidak mengherankan jika namanya diabadikan sebagai nama jalan, pura, nama bangunan dan sebagai mitos, sejarah, legenda atau percampuran dari semuanya itu dari generasi ke generasi. Ia adalah seorang patih dan panglima Kerajaan Bedaulu pada masa pemerintahan Raja Sri Gajah Waktera yang bergelar Sri Astasura Ratna Bumi Banten.

Sebagian besar masyarakat Bali menganggap bahwa sosok “Kebo Iwa” sering disamakan dan disejajarkan dengan Maha Patih Gadjah Mada dari Kerajaan Majapahit. Kebo Iwa adalah seorang patih dan panglima kerajaan Bedaulu pada masa pemerintahan Sri Gajah Waktera yang bergelar Sri Astasura Ratna Bumi, yang berkuasa di Bali pada awal abad ke-14.

Karyanya menggambarkan kekuatan, ketangkasan, dan kegagahan sosok Kebo Iwa dengan dilengkapi berbagai atribut perangnya berupa pedang dan seragam yang membuat Kebo Iwa terlihat lebih gagah dan kuat. Ada tiga objek yang dipilih Suyadnya dalam lukisannya, yaitu kerbau, gajah, dan burung. Dalam menyampaikan ide dan konsepnya, Suyadnya menerapkan gaya surealisme. 

Suyadnya menggambarkan Kebo Iwa sebagai seorang guardian. Suyadnya juga mengeksplorasi lebih dalam dan menceritakan bagaimana Kebo Iwa membangun dan merawat nusantara hingga menyatukan nusantara (Bali).

Nilai-nilai pengorbanan dan kepahlawanan inilah yang diangkat dan menjadi ide dasar penciptaan karya The Guardian Series.

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source https://indoartnow.com https://indoartnow.com/artists/agus-putu-suyadnya http://semiotikaseni.blogspot.com/2017/04/lukisan-guardian-series-karya-agus-putu_53.html?m=1
Comments
Loading...