Lukisan “Belantara Teks” Karya Muhammad Aidi Yupri

Belantara Teks - Muhammad Aidi Yupri
0 1.223

Lukisan “Belantara Teks” merupakan salah satu karya perupa seni lukis Indonesia, Muhammad Aidi Yupri.

Belantara Teks – Muhammad Aidi Yupri
  • Pelukis : Muhammad Aidi Yupri
  • Judul : “Belantara Teks
  • Tahun : 2011
  • Media : Acrylic on Canvas
  • Ukuran : –

Deskripsi Lukisan “Belantara Teks”

Lukisan ini merupakan lukisan dengan gaya realisme, kontemporer, ekspresionisme. Dengan teknik melukis menggunakan media cat akrilik di atas kanvas. 

Karya-karya Aidi tak hanya memiliki emosi yang amat kuat, tetapi juga puitis. Menikmati karya-karyanya, kita akan menemukan suasana hati (juga nalar) yang hampir sama ketika membaca kumpulan puisi. Kita bisa menemukan serangkaian kata, susunan kalimat, baris-baris kalimat, atau paragraf, yang ingin mengungkapkan ‘sesuatu’ (kenyataan) dengan cara ‘menyembunyikan’ di balik serangkaian kata-kata itu. Sama ketika kita melihat dan memahami semesta yang demikian nyata, tetapi sekaligus mengajarkan berbagai makna di baliknya.

Perjalanan Karir

Muhammad Aidi Yupri merupakan seniman kelahiran Magelang, 24 Desember 1981, yang mengenyam pendidikan di Fakultas Seni Rupa Institut Seni Indonesia, Yogyakarta. Ia dikenal sebagai seniman yang menggubah karya-karyanya karena terdorong oleh ‘ayat-ayat Tuhan’ , berupa kehidupan di sekitarnya. Baginya, sebatang pohon sungguh merupakan sumber tumbuhnya pertanyaan sekaligus kesadaran dalam menjalankan kehidupan. Ia belajar dari pohon dengan renungan sederhana; pohon tumbuh, hidup, dan memberikan manfaat bagi pihak lain. Sebatang pohon akan lentur (adaptif) terhadap lingkungannya.

Tema dan Objek Lukisan

Aidi memilih idiom-idiom yang berkaitan dengan alam yang linier dengan bahasa ungkap naturalisme kontemporer yang diolahnya. Ia menggabungkan objek pohon, kayu, hutan, awan, pegunungan, dan alam perkotaan seperti jajaran gedung. Objek-objek ini ia susun dan ditampilkan kepada publik seolah-olah merupakan bagian dalam lembaran buku. Di sinilah Aidi secara gamblang memperlihatkan keinginannya untuk menjadikan karyanya sebagai proses pembacaan yang diharapkan mampu bersifat subversif bagi publik.

Sebagian besar karya Aidi mengolah pohon dan unsur-unsurnya. Idiom pohon merupakan pilihan yang gampang ketika seorang seniman ingin menyampaikan tema tentang alam. Di luar pohon, Aidi memilih objek gedung yang mengesankan suasana kontras dengan suasana sunyi liris pepohonan. 

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source https://indoartnow.com/ https://indoartnow.com/artists/aidi-yupri https://sarasvati.co.id/artnewskabarseni/02/pameran-tunggal-aidi-yupri-pembacaan-semesta-di-lembaran-buku/
Comments
Loading...