Lukisan “Borobudur II” Karya Srihadi Soedarsono

Borobudur II Karya Srihadi Sudarsono
0 3.830

Lukisan Borobudur II merupakan karya Srihadi Soedarsono yang menggoreskan tema alam lewat gaya melukisnya. Langit biru dalam atmosfer bumi itu tampak berpadu dengan coklatnya candi, yang kemudian disatukan kembali dengan latar candi Borobudur, berupa hamparan rumput yang hijau segar, dominasi warna yang begitu apik.

  • Pelukis: Srihadi Soedarsono
  • Judul : ” Borobudur II “
  •  Tahun : 1982
  • Media : Oil on Canvas
  • Ukuran : 95 cm x 140 cm
Deskripsi Lukisan Borobudur II

Karya “Borobudur II” (1982) ini berangkat dari tema pemandangan alam yakni harapan dan usahanya mendekati serta masuk ke alam perenungan tersebut. Ia menangkap kebesaran masa lalu akan kepatuhan manusia kepada penciptanya, yang dilambangkan dengan bangunan Borobudur. Sedangkan birunya langit dan hijaunya bumi, menggambarkan keharmonisan hubungan antara manusia dengan sesamanya.

Warna biru pada lukisan bermedia cat minyak pada kanvas ini dilukis dengan sederhana namun seolah mengungkapkan suasana jaman dahulu, dimana udara di tanah Magelang itu masih bersih tanpa polusi. Penggambaran bentuk candi yang seolah timbul menjadi daya tarik lukisan yang tentu bernilai estetika ini. Lukisan alam ini tetap memiliki nilai keindahan yang mumpuni, terutama bagi penikmat lukisan karya pelukis legendaris.

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source Informasi Lukisan Indonesia Apresiasi Lukisan Borobudur II
Comments
Loading...