Lukisan “Bunglon dan Badut #2” (Indra Setiyawan)

Bunglon dan Badut #2 - Indra Setiyawan
0 1.579

Lukisan Bunglon dan Badut #2 merupakan salah satu karya perupa seni lukis Indonesia, Indra Setiyawan.

Bunglon dan Badut #2 – Indra Setiyawan
  • Pelukis : Indra Setiyawan
  • Judul : “Bunglon dan Badut #2”
  • Tahun : –
  • Media : Acrylic On Canvas
  • Ukuran : –

Deskripsi Lukisan Bunglon dan Badut #2

Lukisan ini merupakan lukisan dengan gaya surealisme Ekspresionis. Dalam lukisan ini, pelukis menggambarkan tentang sisi kehidupan manusia seperti bunglon dan Badut.

Makna Lukisan

Belakangan, istilah badut sendiri melebar ke mana-mana. Hampir semua pelawak dan pemancing tawa, kini juga kerap dijuluki sebagai badut. Bahkan orang serius yang sedang bertingkah laku konyol sering dikatakan badut. Sebagai istilah, badut mengalami perluasan makna.

Menurut sejarahnya, badut mengacu pada seseorang dengan dandanan lucu (kadang-kadang meniru karakter komik), make-up tebal dan kostum berwarna unik, mempunyai kemampuan memperagakan mimik lucu dan gerakan-gerakan konyol, tanpa sedikit pun melepas kata-kata. Inilah yang membedakannya dengan pelawak konvensional.

Badut adalah sebuah profesi jasa menghibur orang lain dengan berbagai karakter dan tingkah laku yang lucu, beragam mimik akan diperankan oleh si badut baik mimik sedih, konyol, senang, tertawa, menangis bahkan mengejek. Orang yang bisa bertingkah laku seperti ini dinamakan badut. Berbeda dengan kostum badut ia merupakan manifestasi dan pengembangan dari profesi badut. Segala sesuatu baik perilaku ataupun karakter dari sebuah pakaian,baju atau kostum lengkap didesign menyerupai badut (dengan perut buncit) maka dinamakan kostum badut

Bunglon habitatnya di semak dan pepohonan. Kamuflase sesuai keadaan lingkungan. Secara alami menjadi pelindung dari ancaman. Mengelabuhi predator yang siap menelan. Bunglon memanfaatkan situasi, kamuflase adalah sarana beraksi. Ahli dalam taktik dan strategi agar predator dan sasaran tak peduli.

Manusia banyak yang menggunakan cara bunglon. Manipulasi, menyilat, cari muka sesuai situasi dan kondisi. Manusia juga sebagai pemeran berbagai watak dan pandai beracting seperti sinetron.

Bagaikan tokoh badut yang gemar lelucon. Bunglon memang pandai menyamar, menyusup menyelinap di semak belukar, aksi manusia juga tersamar. Lihai bersilat seperti pendekar. Bunglon menginspirasi pikiran manusia, memakai topeng melancarkan aksinya.

Badut tokoh manusia jenaka, raja tega menghalalkan segala cara. Tenggelam berlumuran dosa-dosa.

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source Saatchiart.com https://www.saatchiart.com/art/-t/40658/903608/view http://bahasa-latin.sttmuttaqien.web.id/id1/2908-2796/Badut_101008_bahasa-latin-sttmuttaqien.html
Comments
Loading...