Lukisan “Calon Arang” (Anak Agung Gede Sobrat)

Calon Arang - Anak Agung Gede Sobrat
0 2.530
  • Pelukis : Anak Agung Gede Sobrat
  • Judul : “Calon Arang”
  • Tahun : 1981
  • Media : Acrylic On Canvas
  • Ukuran : 181 cm x 106 cm

Deskripsi Lukisan Calon Arang

Lukisan ini merupakan lukisan realisme, naturalisme dengan gaya pita maha. Dengan teknik melukis menggunakan cat akrilik di atas kanvas.

Lukisan ini menggambarkan kisah legenda Bali yang menceritakan cerita tentang calon arang.

Calon Arang merupakan seorang tokoh dalam cerita rakyat Jawa dan Bali dari abad ke-12.

Diceritakan bahwa Calon Arang yang merupakan penguasa ilmu hitam dan memiliki banyak murid perempuan, sering merusak hasil panen para petani, dia juga menyebabkan datangnya penyakit. Calon Arang mempunyai seorang puteri bernama Diah Ratna Mengali. Meskipun putrinya itu cantik jelita, tapi tidak ada seorangpun pemuda ingin melamarnya, karena semua orang takut pada ibunya. Mengetahui masalah yang dihadapi puterinya, Calon Arang pun marah dan dia berniat membalas dendam dengan menculik seorang gadis muda untuk dikorbankan kepada Dewi Durga di sebuah kuil. Hari berikutnya, banjir besar pun melanda desa dan menyebabkan banyak orang meninggal dunia. Wabah Penyakit pun muncul tanpa henti. (Sumber : https://www.google.com/amp/republikpos.com/2016/02/cerita-rakyat-calon-arang/amp?espv=1).

Makna Lukisan

Sobrat adalah seniman Bali paling berbakat untuk masanya berdasarkan keterampilannya melukis, komposisi warna dan fleksibilitasnya.

Anak Agung Gede Sobrat dianggap membawa pembaharuan dan modernisasi dalam dunia seni Bali.

Sobrat belajar mengenai teknik melukis Barat dari Spies dan Bonnet. Sobrat banyak dipengaruhi – bahkan ada yang beranggapan meniru total – gaya Bonnet dalam hal warna, komposisi maupun teknik melukis manusia. Hal ini tampak jelas dalam lukisan-lukisannya yang bertema suasana pasar dan tari-tarian. Ia belajar seni potret dari Bonnet.

Ia banyak melukis dengan tema kehidupan di pasar, yang hampir sepenuhnya bergaya naturalis. Karya-karyanya sampai sekarang masih dijual di galeri-galeri dunia.

Pada awal karirnya, sebelum tahun 1930, Sobrat diproduksi terutama Wayang (gaya bayangan) lukisan. Beberapa karya-karya awalnya dapat ditemukan di Museum Puri Lukisan di Ubud, Bali, IndonesiaSobrat menghasilkan banyak potret, terutama putrinya.

Bonnet pernah menulis bahwa Anak Agung Gede Sobrat adalah artis paling berbakat di Bali. Karya-karyanya dapat ditemukan di beberapa museum di seluruh dunia: Museum Bali, Museum Puri Lukisan Ubud, Bali, Rijksmuseum voor Volkenkunde Leiden, dan Tropenmuseum Amsterdam. Di Bali, karya pra-perang dan modern itu dapat dilihat diMuseum Puri Lukisan.

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source http://www.artnet.com/ http://www.artnet.com/artists/anak-agung-gede-sobrat/calon-arang-Ql7cfEhdVPYzh9eyjTepJg2 https://artsandculture.google.com/
Comments
Loading...