Lukisan “Can I Behave If I Behave 1” Karya Yoga Mahendra

Can I Behave If I Behave 1 - Yoga Mahendra
0 2.921

Lukisan “Can I Behave If I Behave 1” merupakan salah satu karya perupa seni lukis Indonesia, Yoga Mahendra.

Can I Behave If I Behave 1 – Yoga Mahendra
  • Pelukis : Yoga Mahendra
  • Judul : “Can I Behave If I Behave 1”
  • Tahun : 2011
  • Media : Acrylic on Canvas
  • Ukuran : 140 cm x 150 cm 

Deskripsi Lukisan “Can I Behave If I Behave 1”

Lukisan ini merupakan lukisan dengan gaya kartunis, kontemporer. Dengan teknik melukis menggunakan media cat akrilik di atas kanvas.

Tema Lukisan

Yoga Mahendra membuat lukisan aneh dan penuh imajinatif dengan tokoh-tokoh yang dibentuk menjadi tokoh-tokoh dan pemandangan dengan ukuran kecil yang nampak tak terlihat.

Gambar-gambar aneh dalam karyanya terlihat seperti adegan neraka dan non-hirarki di dunia fantasi yang tidak dapat ditentukan. Ada lentera jalanan yang menonjol keluar melalui anatomi sosok itu, yang tubuhnya tampak terdiri dari jalan-jalan dengan sosok-sosok yang sedang berjuang, tertawa, mabuk, bahagia, dan sedih berserak di atasnya.

Terdapat juga objek mata yang sebenarnya inlet dari mesin jet dan beberapa tulang rusuk yang merupakan tangga menuju dunia lain yang berbeda yang lahir dalam fantasi Yoga. Kelompok-kelompok tokoh adalah pareidolia seperti lukisan-lukisan karya Giuseppe Arcimboldo yang dikombinasikan dengan dunia piranesi. Karya-karyanya memang sulit untuk diterjemahkan secara kasat mata, banyak objek yang ia ciptakan dari imajinasinya ke atas kanvas.

Lukisan Khusus Berjudul “I Stay”

Karyanya utamanya yang berjudul “I Stay” adalah karya seni khusus, terinspirasi oleh mentornya Ojite Budi Sutarno, yang karya seninya terdiri dari benda-benda di berbagai bagian yang dirakit menjadi sepeeti patung bergerak yang potongan-potongan dan bagiannya tersebut tidak dapat terpisahkan.

Karya seni yang berukuran sekitar 200 x 180 cm, terdiri dari 7 panel MDF yang dicat. Lukisan tersebut mengingatkan kita pada “Garuda”, seorang tokoh mitologis yang ditemukan dalam legenda Hindu dan Budha. Garuda pada dasarnya dipandang sebagai pelindung dengan kekuatan dan ditampilkan baik dalam bentuk burung raksasa dengan (sebagian) sayap terbuka atau campuran bentuk burung dengan beberapa bagian tubuh manusia. Garuda digunakan sebagai simbol negara Republik Indonesia dan sebuah maskapai penerbangan.

Panel yang dilukis dengan cermat memiliki bentuk yang berbeda; orang akan melihat kepala, batang, ekor burung yang menyebar, sepasang sayap, dan sepasang tangan yang terbuka. Mereka menggambarkan sosok seperti burung tetapi dengan tulang, gigi, dan bagian sayapnya yang telanjang seperti sepasang tangan yang terbuka. Lukisan yang terkesan aneh dan mungkin berisi komentar tentang kehidupan sosial dan keagamaan di Indonesia.

Setiap blok warna atau fragmen dari karya Yoga Mahendra tersebut memiliki makna sendiri-sendiri.

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source https://indoartnow.com/ https://indoartnow.com/artists/yoga-mahendra https://www.lukisan.nl/yoga-mahendra/
Comments
Loading...