Lukisan “Candi Brahu” Karya Hadi Sucipto #1

Candi Brahu - Hadi Sucipto #1
0 1.214

Lukisan “Candi Brahu” merupakan salah satu karya perupa seni lukis Indonesia, Hadi Sucipto.

Candi Brahu – Hadi Sucipto #1
  • Pelukis : Hadi Sucipto
  • Judul : “Candi Brahu”
  • Tahun : 2012
  • Media : Acrylic on Paper
  • Ukuran : 54 x 40 cm

Deskripsi Lukisan “Candi Brahu”

Lukisan ini merupakan lukisan dengan gaya kontemporer, abstrak, dan realisme. Dengan teknik melukis menggunakan media cat akrilik di atas kertas.

Lukisan Hadi merupakan sebuah lukisan yang menggambarkan sebuah wujud yang tidak natural dan realistis. Karya-karyanya tidak memperlihatkan bentuk rupa yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari hari.

Karya-karya Hadi merupakan manifestasi dari pertanyaan dan pencariannya mengenai makna hidup. Ciri personalnya adalah ungkapan dalam bentuk simbolik berupa figur manusia, binatang, tumbuhan, dan bentuk-bentuk yang dikonstruksi dalam bentuk geometris dengan komposisi yang rumit.

Objek dan Teknik Lukisan

Memandang untuk memahami karya rupa Hadi bagaikan membaca untuk mencari makna dalam sebait puisi. Bait-bait puisi visual Hadi ditakdirkan untuk merangkum sebuah perjalanan panjang menuju pembebasan diri dari apa yang selalu terjadi pada manusia dalam kemanusiaannya.

Lewat karya-karya yang penuh visualisasi nilai kemanusiaan, karya rupa Hadi tidak diperuntukkan menawarkan sebuah jawaban tegas tentang bagaimana manusia harus mengatasi problema yang selalu membelenggu kemanusiaan mereka, yakni duka: derita – fisik, baik emosi dan mental, ketidak-abadian – kebahagian, keberhasilan-keterkenalan, dan kemelekatan pada keduniawian.

Lukisan Hadi juga dapat diartikan dengan sebuah imajinasi tinggi sehingga banyak pesan tersirat didalamnya. Hadi dalam membuat karyanya mencari sebuah esensi dalam objek yang dibuat lebih unik dan tampak tak berwujud nyata.

Lukisan Hadi terkadang memang sulit dipahami. Karena memang penilaian dari sebuah karya abstraknya tidak akan mengemukakan sesuatu yang kongkrit. Karena itu, hanya orang-orang tertentu saja yang menyukai jenis lukisan-lukisan ny. Kesan ini juga lah yang membuat lukisan Hadi terkesan hanya menjadi milik kaum elit dan intelek saja, padahal ini tidak sepenuhnya benar.

Hadi Sucipto termasuk seniman yang peka dan mudah “terangsang” pada hal-hal atau peristiwa yang membuatnya terkesan pada pandangan pertama. Ide yang didapat kemudian “digodog” lewat proses kreatif membaca buku, mengumpulkan data dari internet, datang ke pameran seni rupa, atau menonton film.

Satu hal yang unik adalah apabila seseorang dapat memahami makna yang dimaksud dalam sebuah lukisan, maka ia juga dapat memahami kepribadian dan apa yang dipikirkan oleh sang pelukis.

Hal itu karena seni adalah proses dari manusia yang mana seseorang menumpahkan segala pikiran yang ada dalam otaknya. Atau seni juga dapat diartikan dengan sesuatu yang diciptakan oleh manusia yang mengandung unsur keindahan.

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source https://indoartnow.com https://indoartnow.com/artists/hadi-sucipto https://regional.kompas.com/read/2009/03/05/20340939/Pelukis.Mojokerto.Pameran.di.Tengah.Keterbatasan..
Comments
Loading...