Lukisan “Cerita Aji Darma“

I Dewa Nyoman Murda dan I Bungklek

Aji Darma hears the goats speaking- I Bungklek
0 187
Lukisan Cerita Aji Darma

Aji Darma atau Angling Dharma (juga Ari Dharma) menceritakan serangkaian cerita seputar raja, Angling Darma, yang dapat memahami ucapan binatang. Bagian-bagian penting dari ceritanya adalah hubungannya dengan Naga Taksaka (Anantaboga dalam beberapa versi) dan putrinya, Nagini. Yang tertangkap sedang bersetubuh dengan seekor ular biasa; penolakannya untuk memberitahu istrinya tentang rahasianya bagaimana mendengar suara binatang, yang menyebabkan dia bunuh diri; masa pengembaraannya di mana dia bertemu dengan para penyihir; dan kisah iblis yang menyamar sebagai brahmana.

Berikut beberapa lukisan Cerita Aji Darma
Aji Darma and Goat – I Dewa Nyoman Murda
  • Pelukis : I Dewa Nyoman Murda
  • Judul : “Aji Darma and Goat”
  • Tahun : 1937
  • Media : Ink on Paper
Deskripsi Lukisan

Cerita Angling Darma atau Aji Darma, dalam lukisan ini menceritakan kejadian bunuh diri istri Aji Darma, ditambah adegan kambing yang berbicara, karena Raja Aji Darma dapat mendengar percakapan binatang tersebut, kambing tersebut membujuknya agar tidak bergabung dengan istrinya untuk bunuh diri.

Aji Darma Hears the Goats Speaking- I Bungklek
  • Pelukis : I Dewa Nyoman Murda
  • Judul : “Aji Darma Hears the Goats Speaking”
  • Media : Ink on Paper
Deskripsi Lukisan

Lukisan ini menunjukkan Aji Darma bertemu dengan kambing yang sedang berbicara. Ratu ditunjukkan dalam kesedihan, dan kemudian melemparkan dirinya ke atas api unggun. Ini mungkin kisah Aji atau Angling Darma, menunjukkan bagaimana raja Aji Darma menolak untuk membocorkan rahasianya mendengar apa yang dikatakan binatang kepada istrinya. Dia membunuh dirinya sendiri dengan menyesal atas penolakannya untuk menceritakan rahasianya.

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source Informasi Lukisan Indonesia B333 Story: Sang Aji Darma hears the goats speaking, at his own cremation. B229 Story: Sang Aji Darma and the Two Goats.
Comments
Loading...