Lukisan “Christmas Kush” Karya Tommy Tanggara

Christmas Kush - Tommy Tanggara
0 5.317

Lukisan “Christmas Kush” merupakan salah satu karya perupa seni lukis Indonesia, Tommy Tanggara.

Christmas Kush – Tommy Tanggara
  • Pelukis : Tommy Tanggara
  • Judul : “Christmas Kush”
  • Tahun : 2016
  • Media : Acrylic on Canvas
  • Ukuran : 140 cm x 150 cm

Deskripsi Lukisan “Christmas Kush”

Lukisan ini merupakan lukisan dengan gaya ekspresionisme, kontemporer. Dengan teknik melukis menggunakan media cat akrilik di atas kanvas. Lukisan ini menggambarkan pohon ganja yang di jadikan pohon Natal. Karya Tommy Tanggara memiliki daya tarik, mengajak kita untuk menjelajahi gambar dengan mencari simbol-simbol atau tanda-tanda yang punya arti tersendiri baginya.

Tema dan Objek Lukisan

Pada awalnya Tommy dikenal sebagai seniman yang terampil melukiskan semangat ketuhanan, seperti yang dikisahkan dalam A- Kitab. Ciri khas figur-figur ramping menggambarkan semangat manusia dalam meraih nilai keruhanian, sebagaimana sosok-sosok unik patung karya Alberto Giacometti.

Religiusitas Nasrani sebagai basis estetika karya Tommy Tanggara didasari amatan bahwa kalaupun ada perupa yang mengembangkan estetika religi semacam ini, maka acuannya cenderung masih ke Eropa. Aspek simbol atau metafora, misalnya, masih mengacu pada sudut pandang realisme sebagaimana yang ada di gereja-gereja pada era Renaisans dan dikembangkan perupa-perupa Eropa itu sendiri.

Dengan melihat karya Tommy saja, sedikit banyak sudah cukup mewakili. Apalagi, secara khusus, lahirnya karya-karya Tommy memang berlandaskan pada ayat-ayat yang tertera di dalam Al-kitab, yang memang dianggap Tommy sebagai kebenaran.

Karyanya bisa di lihat sebagai kombinasi dari penjelajahan imajinasi dan fantasi, didasari oleh rasa ingin tahu, kegelisahan terhadap berbagai hal. Di situ, perupa melakukan pencarian makna, dan ini merupakan pengalaman menarik yang mungkin berguna bagi perupa dalam menghadapi realitas kehidupan masa kini.

Sebuah peristiwa penting lain dilakoninya sebagai manusia. Tommy pernah tersangkut kasus kepemilikan ganja yang membuatnya berurusan dengan hukum penyalahgunaan narkotika.

Peristiwa itu memberikannya pengalaman baru yang juga mempengaruhi kerja kreatifnya di bidang seni. Dalam tahanan, Tommy menemukan pengetahuan baru mengenai tumbuhan terlarang itu yang pada akhirnya menjadi bagian dari ekspresi seninya.

Di sisi lain, karya Tommy membuka pandangan publik bahwa ganja memiliki aspek positif. Di luar persoalan relaksasi, ganja mengandung berbagai macam manfaat yang mencengangkan, menurutnya.

Teknik Lukisan

Tommy Tanggara masih saja suka bermain-main. Garis-garisnya yang tertoreh di atas kanvas meliukkan cecitraan yang kartunal: model-model benda, tubuh, atau apapun yang bebas dari terkaman kaidah anatomi real. Tangan dan benaknya bagai bebas bergerak meruntuti imajinasi.

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source https://indoartnow.com/ https://indoartnow.com/artists/tommy-tanggara https://m.bisnis.com/kalimantan/read/20170513/466/653129/cannabis-di-tangan-tommy-tanggara
Comments
Loading...