Lukisan “Civilization IV” (Yenny Yohan)

Civilization IV - Yenny Yohan
0 2.601

Lukisan Civilization IV merupakan beberapa tema karya perupa seni lukis Indonesia, Yenny Yohan.

Civilization IV – Yenny Yohan
  • Pelukis : Yenny Yohan
  • Judul : “Civilization IV”
  • Tahun : –
  • Media :  Acrylic On Canvas
  • Ukuran : 2 H x 70.9 W x 27.6 in

Deskripsi Lukisan Civilization IV

Lukisan ini merupakan lukisan abstrak, konseptual dengan gaya illustration, kubisme dengan menggunakan bahan akrilik di atas kanvas.

Dalam lukisan ini, pelukis menggambarkan imajinasinya tentang peradaban.

Makna Lukisan

Secara umum, pengertian peradaban adalah bagian dari kebudayaan yang tinggi, halus, indah, dan maju.

Peradaban adalah kumpulan suatu identitas terluas dari seluruh hasil budidaya manusia, yang mencakup seluruh aspek kehidupan manusia baik fisik seperti bangunan, jalan maupun non fisik seperti nilai-nilai, tatanan, seni budaya ataupun iptek, yang teridentifikasi melalui unsur obyektif umum, seperti bahasa, sejarah, agama, kebiasaan, institusi, maupun melalui identifikasi diri yang subjektif.

Istilah peradaban sering digunakan untuk bisa menunjukan pendapat dan penilaian pada perkembangan kebudayaan yang mana pada saat perkembangan kebudayaan tersebut mencapai titik tertinggi yang berwujud unsur budaya yang halus, tinggi, indah, sopan, luhur dan sebagainya, maka masyarakat pemilik kebudayaan tersebut dikatakan telah memiliki peradaban yang tinggi.

Adapun ciri-ciri dari peradaban diantaranya:

  • Pembangunan kota-kota baru dengan tata ruang yang lebih baik, indah, serta modern
  • Sistem pemerintahan yang baik disebabkan karena adanya hukum dan peraturan.
  • Berkembangnya beragam ilmu pengetahuan dan juga teknologi yang lebih maju seperti astronomi, bentuk tulisan, arsitektur, ilmu ukur dan lain sebagainya.
  • Masyarakat dalam berbagai jenis pekerjaan, keahlian, serta juga strata sosial yang lebih kompleks.

Kebudayaan adalah sesuatu yang sedang menjadi (it becomes), sedangkan peradaban adalah sesuatu yang sudah selesai (it has been). Contoh peradaban adalah bangunan-bangunan monumental seperti Borobudur, Piramida, Tembok Besar Cina, san berbagai hal monumental lain. Sementara, contoh kebudayaan antara lain makanan dan minuman, pakaian, dan berbagai hal yang masih memiliki kecenderungan untuk terus berkembang.

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source Saatchiart.com https://www.saatchiart.com/art/Painting-Civilization-IV/11525/1201046/view https://www.sekolahpendidikan.com/2017/08/pengertian-peradaban-ciri-ciri-dan.html?m=1
Comments
Loading...