Lukisan “Coke Head Lennon” Karya Sutra Djarot

Coke Head Lennon - Sutra Djarot
0 5.488

Lukisan “Coke Head Lennon” merupakan salah satu karya perupa seni lukis Indonesia, Sutra Djarot.

Coke Head Lennon – Sutra Djarot
  • Pelukis : Sutra Djarot
  • Judul : “Coke Head Lennon”
  • Tahun : 2012
  • Media : Mixed Media on Canvas
  • Ukuran :  cm x  cm

Deskripsi Lukisan “Coke Head Lennon”

Lukisan ini merupakan lukisan dengan gaya kontemporer. Dengan teknik melukis menggunakan media campuran di atas kanvas. Lukisannya banyak berkisah tentang nostalgia pesohor-pesohor dunia dalam eksplorasi warna dari campuran air kopi tubruk dan tinta cina.

Tema dan Objek Lukisan

Seniman Sutra Djarot membekukan imaji-imaji pesohor dunia melalui karya-karyanya. Lulusan seni kriya tekstil ITB ini menyuguhkan sosok-sosok yang dibesarkan oleh budaya populer seperti Madonna, Jane Birkin, Audrey Hepburn, dan Freddy Mercury dalam gaya potret paling terkenal.

Teknik Lukisan

Nuansa nostalgia dalam lukisan ia tuangkan melalui pemilihan warna-warna kecoklatan yang dibuat dari campuran seduhan air kopi tubruk dan tinta cina. Sebagai kekontrasan dan bentuk penegas yang menjadi jembatan masa lalu dan masa kini, Sutra menempatkan bordiran dari benang-benang nilon di dalam kanvasnya. Pemilihan ini disengaja oleh Sutra. Menurutnya, benang nilon diciptakan oleh mesin pabrik, cepat dibuat, dan diproduksi masal adalah sesuatu yang mencirikan budaya populer itu sendiri.

Secara sederhana, bisa dikatakan bahwa dasar ketertarikan ini adalah popularitas mereka sendiri: sebagian besar dari kita memang sudah akrab dengan tokoh-tokoh yang Sutra hadirkan disini, lewat berbagai pencitraan yang bisa kita dapatkan dimana-dimana. Tapi, melihat lukisan-lukisan ini secara kasat mata, tidak sulit untuk menyadari keunikan obyeknya, terutama karena disini Sutra menggunakan media air kopi dan benang. Memikirkan karya-karya Sutra lebih lanjut, dapat ditarik kesimpulan bahwa yang membedakan obyeknya memang bukanlah apa yang dilukis melainkan bagaimana objek tersebut dilukis. Dalam kata lain, perbedaan terbesar terletak pada media yang Sutra gunakan – baik konkret dan maya – dalam proses pembuatannya.

Di lukisan-lukisan karyanya, Sutra memberikan kehidupan baru pada objeknya melalui dua cara. Pertama, melalui pandangan nostalgia yang ia wujudkan lewat air kopi, dan kedua, keterpikatan pada tekstil yang membawanya ke penggunaan benang. Dengan cara-cara ini, sebagai seorang seniman, Sutra berhasil menyajikan sebuah sudut pandang yang berbeda tentang gambar-gambar yang sudah menjadi begitu familiar karena sebelumnya telah sering kita temui: sebuah pencapaian artistik yang diingini oleh banyak orang, namun tak sering diraih.

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source https://indoartnow.com/ https://indoartnow.com/artists/sutra-djarot http://explosionofbeing.blogspot.com/2012/05/normal-0-false-false-false-en-us-ja-x.html?m=1
Comments
Loading...